Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:59 WIB | Kamis, 14 November 2013

Federasi Bulu Tangkis Dunia akan Umumkan Tuan Rumah Piala Sudirman 2015

Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund (foto: bwfbadminton.org)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) berencana mengumumkan nama kota pemenang yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Turnamen Piala Sudirman, Kejuaraan Dunia BWF Junior, dan Kejuaraan Dunia BWF Senior.

Dalam pernyataan resminya yang dimuat Kamis (14/11), situs federasi bulutangkis dunia menyebutkan pengumuman pemenang dari nama-nama kota yang mengajukan diri sebagai tuan rumah tersebut akan dilakukan pada Kamis (28/11) di Hotel Ledra Marriott, Athena, Yunani.    

Thomas Lund selaku Sekretaris Jenderal BWF mengatakan saat ini terdapat beberapa kota yang telah masuk seleksi BWF.

“Dongguan (China) dan Helsingborg (Swedia) adalah dua kota yang mengajukan diri sebagai tempat penyelenggaraan Piala Sudirman, saat ini mereka masih harus memenuhi Persyaratan Dewan BWF bahwa mereka sesungguhnya mampu menyelenggarakan turnamen dengan standar BWF dan spesifikasi teknis,” kata Lund, yang juga menyatakan keinginannya melihat kota-kota penyelenggara tersebut berbenah.

“Kami berharap mendengar presentasi berkualitas tinggi dari empat tawaran untuk mencapai keputusan yang tepat untuk setiap turnamen,” katanya.

Dewan Kehormatan BWF akan menentukan siapa yang menjadi tuan rumah pada turnamen yang akan diselenggarakan pada 2015 tersebut, dengan terlebih dahulu mendengarkan presentasi dari masing-masing komite olahraga negara dan kota tersebut tentang visi dan misi BWF.  

China pada Kejuaraan Piala Sudirman telah sembilan kali menjadi juara, dan satu kali runner up pada 2003. Korea Selatan menjadi juara tiga kali pada 1991, 1993, dan 2003, dan empat kali menjadi runner up. Indonesia hanya sekali merasakan gelar juara tersebut.

Kalau Dongguan dan Helsingborg berlomba-lomba menjadi penyelenggara Piala Sudirman, maka Kunshan (China), dan Jakarta (Indonesia) berniat menyelenggarakan tuan rumah kejuaraan dunia BWF pada Agustus 2015. Kopenhagen telah kebagian menyelenggarakan Kejuaraan Dunia BWF tahun mendatang.

Selain Dongguan, Kota Guangdong di China juga berupaya meyakinkan BWF bahwa mereka layak menyelenggarakan Piala Sudirman Mei 2015, padahal Helsingborg dan Dongguan yang saat ini dilirik BWF menjadi satu pilihan. (bwfbadminton.org/ wikipedia.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home