Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:31 WIB | Kamis, 14 April 2022

Finlandia dan Swedia Akan Bergabung dengan NATO, Didorong Invasi Rusia ke Ukraina

Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson, kiri, dan Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, berjalan bersama sebelum pertemuan tentang apakah akan menjadi anggota NATO, di Stockholm, Swedia, Rabu, 13 April 2022. (Foto: Paul Wennerholm/TT via AP)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM-Negara-negara Uni Eropa, Finlandia dan Swedia, hari Rabu (13/4), mencapai tahap penting dalam perjalanan mereka menuju menjadi anggota NATO ketika pemerintah Finlandia mengeluarkan laporan keamanan kepada anggota parlemen, sementara partai yang berkuasa di Swedia memprakarsai peninjauan opsi kebijakan keamanan.

Invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari memicu lonjakan dukungan untuk bergabung dengan NATO di dua negara Nordik yang secara militer tidak berpihak, dengan jajak pendapat menunjukkan mayoritas responden bersedia bergabung dengan aliansi di Finlandia dan pendukung NATO di Swedia jelas melebihi jumlah mereka.

Finlandia, negara berpenduduk 5,5 juta, berbagi perbatasan terpanjang Uni Eropa dengan Rusia, perbatasan 1.340 kilometer (833 mil). Sementara Swedia tidak memiliki perbatasan dengan Rusia.

Rusia telah memperingatkan Swedia dan Finlandia agar tidak bergabung dengan NATO, dengan para pejabat mengatakan itu tidak akan berkontribusi pada stabilitas di Eropa.

Para pejabat mengatakan Rusia akan menanggapi langkah seperti itu dengan tindakan pembalasan yang akan menyebabkan "konsekuensi militer dan politik" untuk Helsinki dan Stockholm. Salah satu alasan Presiden Rusia, Vladimir Putin, menginvasi Ukraina adalah karena negara tersebut menolak untuk berjanji tidak akan bergabung dengan NATO.

Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, berbicara hari Rabu di Stockholm dalam konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Swedia, Magdalena Andersson, mengatakan Finlandia siap untuk membuat keputusan tentang NATO "dalam beberapa pekan" daripada berbulan-bulan setelah debat ekstensif di legislatif Eduskunta 200 kursi.

Marin menekankan bahwa Finlandia dan Swedia, dua negara tetangga Nordik yang memiliki hubungan ekonomi, politik dan militer yang erat, akan membuat keputusan independen mengenai pengaturan kebijakan keamanan mereka, termasuk apakah akan bergabung dengan NATO.

“Tetapi kami melakukannya dengan pemahaman yang jelas bahwa pilihan kami tidak hanya akan memengaruhi diri kami sendiri tetapi juga tetangga kami,” kata Marin, seraya menambahkan bahwa dia lebih suka melihat Finlandia dan Swedia menjadi anggota NATO.

Andersson mengatakan Swedia dan Finlandia akan mempertahankan “dialog yang sangat erat dan melakukan diskusi yang sangat lugas dan jujur” dalam beberapa pekan mendatang mengenai pilihan masing-masing negara mereka tentang menjadi anggota NATO.

Satu-satunya pilihan nyata untuk keanggotaan NATO adalah peningkatan kerja sama militer bilateral yang ditambahkan dengan Amerika Serikat dan anggota NATO Nordik, Norwegia, kata para ahli Finlandia.

Marin dan Andersson memimpin Partai Sosial Demokrat yang berkuasa di negara masing-masing. Para pihak diharapkan untuk mengumumkan pandangan NATO mereka masing-masing pada awal dan akhir Mei. Parlemen di kedua negara akhirnya siap untuk memutuskan masalah ini, sesuatu yang bisa terjadi di Finlandia pada akhir Mei dan kemudian di Swedia.

Hal yang memperumit di Swedia adalah pemilihan umum pada bulan September, yang kemungkinan akan didominasi oleh masalah NATO.

Di Finlandia, Presiden Sauli Niinisto mengatakan dia yakin bahwa keputusan negaranya tentang NATO akan siap sebelum KTT NATO 29-30 Juni di Madrid, Spanyol.

Pada hari Rabu, pemerintah Finlandia mengeluarkan laporan yang sangat ditunggu-tunggu tentang perubahan lingkungan keamanan Finlandia yang akan mulai diperdebatkan oleh anggota parlemen setelah liburan Paskah. Laporan tersebut membahas pro dan kontra dari kemungkinan keanggotaan Finlandia di NATO, dengan fokus pada ancaman pasokan, efek ekonomi, keamanan siber, dan ancaman hydrid.

“Perang yang dimulai oleh Rusia membahayakan keamanan dan stabilitas di seluruh Eropa,” kata Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haavisto, saat mempresentasikan laporan tersebut. “Serangan Rusia ke Ukraina akan memiliki dampak jangka panjang pada lingkungan keamanan kita sendiri. Kepercayaan di Rusia telah anjlok.”

Andersson mengatakan pada hari Rabu bahwa pemerintah Swedia sedang mengerjakan analisis lingkungan keamanan bersama dengan semua pihak di legislatif Riksdag yang memiliki 349 kursi. Dia mengatakan laporan itu jatuh tempo 31 Mei tetapi bisa selesai lebih awal. Selain itu, Partai Sosial Demokrat Andersson telah memulai tinjauan terpisahnya sendiri terhadap lingkungan keamanan Swedia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home