Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:31 WIB | Rabu, 11 Mei 2022

Finlandia dan Swedia Akan Umumkan Posisi dalam Keanggotaan NATO

Finlandia dan Swedia Akan Umumkan Posisi dalam Keanggotaan NATO
Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, tengah, berpartisipasi dalam konferensi media dengan Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haavisto, kiri, dan Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde, kanan, di markas NATO di Brussels, 24 Januari 2022. (Foto: dok. AP/Olivier Matthys)
Finlandia dan Swedia Akan Umumkan Posisi dalam Keanggotaan NATO
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menerima tepuk tangan meriah saat berpidato di depan parlemen Swedia melalui tautan video, di Stockholm, 24 Maret 2022. (Foto: dok. Paul Wennerholm/TT News Agency via AP)
Finlandia dan Swedia Akan Umumkan Posisi dalam Keanggotaan NATO
Peta negara anggota dan calon anggota NATO. (Foto: AP)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Pembuat keputusan utama di Finlandia dan Swedia akan mengumumkan posisi mereka dalam keanggotaan NATO pekan ini dalam apa yang bisa menjadi pukulan serius bagi Rusia karena militernya berjuang untuk membuat keuntungan yang menentukan di Ukraina.

Jika presiden Finlandia dan Partai Sosial Demokrat yang memerintah kedua negara mengabaikan peringatan Moskow dan mendukung aksesi, NATO dapat segera menambahkan dua anggota baru tepat di depan pintu Rusia.

Perluasan aliansi militer Barat seperti itu akan membuat Rusia dikelilingi oleh negara-negara NATO di Laut Baltik dan Kutub Utara, serta merupakan kemunduran serius bagi Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Putin mengutip ekspansi NATO sebelumnya di Eropa Timur, dan kemungkinan Ukraina bergabung dengan aliansi, di antara alasan invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari. Pada hari Senin (9/5), ia menandai Hari Kemenangan, hari libur ketika Rusia memperingati penyerahan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, tanpa bisa merayakan terobosan besar di Ukraina.

Menjadi anggota NATO akan menjadi perkembangan bersejarah bagi dua negara Nordik: Swedia telah menghindari aliansi militer selama lebih dari 200 tahun, sementara Finlandia mengadopsi netralitas setelah kekalahannya oleh Uni Soviet dalam Perang Dunia II.

Keanggotaan NATO tidak pernah dipertimbangkan secara serius di Stockholm dan Helsinki sampai pasukan Rusia menyerang Ukraina lebih dari 10 pekan yang lalu. Hampir dalam semalam, percakapan di kedua ibu kota bergeser dari “Mengapa kita harus bergabung?” menjadi “Berapa lama waktu yang dibutuhkan?”

Seiring dengan perlawanan keras Ukraina dan sanksi Barat yang luas, ini adalah salah satu cara paling signifikan di mana invasi tampaknya menjadi bumerang bagi Putin. “Tidak ada jalan kembali ke status quo sebelum invasi,” kata Heli Hautala, seorang diplomat Finlandia yang sebelumnya ditempatkan di Moskow dan seorang peneliti di Center for a New American Security di Washington.

Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, pemimpin Barat yang tampaknya memiliki hubungan terbaik dengan Putin sebelum perang Ukraina, diperkirakan akan mengumumkan pendiriannya tentang keanggotaan NATO pada hari Kamis (12/5). Partai Sosial Demokrat yang berkuasa di kedua negara akan mempresentasikan posisi mereka akhir pekan ini.

Jika jawaban mereka adalah "ya," akan ada mayoritas kuat di kedua parlemen untuk keanggotaan NATO, membuka jalan bagi prosedur aplikasi formal untuk segera dimulai.

Sosial Demokrat Finlandia yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sanna Marin kemungkinan akan bergabung dengan partai lain di Finlandia dalam mendukung aplikasi NATO. Situasi di Swedia tidak begitu jelas.

Partai Sosial Demokrat Swedia selalu setia berkomitmen untuk nonalignment. Tapi Perdana Menteri Magdalena Andersson, pemimpin partai, mengatakan ada kejelasan "sebelum dan sesudah 24 Februari."

Andersson dan anggota Sosial Demokrat terkemuka lainnya diyakini condong ke keanggotaan NATO, tetapi beberapa sub kelompok partai telah menentang, termasuk faksi perempuan, yang dipimpin oleh Menteri Iklim dan Lingkungan Annika Strandhall.

“Kami percaya bahwa kepentingan kami paling baik dilayani dengan tidak memihak secara militer,” kata Strandhall kepada penyiar Swedia TV4. “Secara tradisional, Swedia telah menjadi suara yang kuat untuk perdamaian dan perlucutan senjata.”

Baik Finlandia maupun Swedia tidak merencanakan referendum, khawatir itu bisa menjadi target utama campur tangan Rusia. Swedia dan Finlandia telah mencari, dan menerima, jaminan dukungan dari Amerika Serikat dan anggota NATO lainnya dalam periode aplikasi jika mereka mengupayakan keanggotaan.

Kedua negara merasa mereka akan rentan untuk sementara, sebelum mereka dilindungi oleh jaminan keamanan aliansi satu-untuk-semua, semua-untuk-satu.

Kremlin telah memperingatkan "dampak militer dan politik" jika Swedia dan Finlandia memutuskan untuk bergabung dengan NATO. Dmitry Medvedev, mantan presiden Rusia yang merupakan wakil kepala Dewan Keamanan Rusia, bulan lalu mengatakan akan memaksa Moskow untuk memperkuat kehadiran militernya di kawasan Baltik.

Namun, analis mengatakan aksi militer terhadap negara-negara Nordik tampaknya tidak mungkin, mengingat betapa macetnya pasukan Rusia di Ukraina.

Banyak tentara Rusia yang ditempatkan di dekat perbatasan 1.300 kilometer (830 mil) dengan Finlandia dikirim ke Ukraina dan menderita "kerugian yang signifikan" di sana, kata Hautala.

Dia mengatakan tindakan pencegahan Rusia yang potensial dapat mencakup pemindahan sistem senjata lebih dekat ke Finlandia, kampanye disinformasi, serangan siber, tindakan balasan ekonomi, dan mengarahkan migrasi ke perbatasan Rusia-Finlandia, serupa dengan apa yang terjadi di perbatasan Polandia dengan Belarusia tahun lalu.

Ada tanda-tanda bahwa Rusia telah meningkatkan fokusnya pada Swedia dan Finlandia, dengan beberapa pelanggaran wilayah udara oleh pesawat militer Rusia dilaporkan dalam beberapa pekan terakhir dan kampanye nyata di Moskow dengan poster yang menggambarkan orang Swedia terkenal sebagai simpatisan Nazi. Putin menggunakan taktik serupa terhadap para pemimpin Ukraina sebelum meluncurkan apa yang disebut Kremlin sebagai “operasi militer khusus.”

Setelah tetap teguh menentang keanggotaan selama beberapa dekade, opini publik di kedua negara bergeser dengan cepat tahun ini. Jajak pendapat menunjukkan lebih dari 70% orang Finlandia dan sekitar 50% orang Swedia sekarang lebih suka bergabung ke NATO.

Adegan mengejutkan yang terjadi di Ukraina membuat Finlandia menarik kesimpulan bahwa “ini bisa terjadi pada kita,” kata Charly Salonius-Pasternak, seorang peneliti di Institut Urusan Internasional Finlandia.

Selama Perang Dingin, Finlandia menjauh dari NATO untuk menghindari memprovokasi Uni Soviet, sementara Swedia sudah memiliki tradisi netralitas sejak akhir Perang Napoleon. Namun kedua negara membangun angkatan bersenjata berbasis wajib militer yang kuat untuk melawan ancaman Soviet. Swedia bahkan memiliki program senjata nuklir tetapi membatalkannya pada 1960-an.

Ancaman konflik berkobar pada Oktober 1981 ketika kapal selam Soviet kandas di lepas pantai barat daya Swedia. Akhirnya kapal selam itu ditarik kembali ke laut, mengakhiri kebuntuan yang tegang antara pasukan Swedia dan armada penyelamat Soviet.

Ketika kekuatan militer Rusia menurun pada 1990-an, Finlandia tetap waspada, sementara Swedia, mengingat konflik dengan Rusia semakin tidak mungkin, mengurangi militernya dan mengalihkan fokusnya dari pertahanan teritorial ke misi penjaga perdamaian di zona konflik yang jauh.

Aneksasi Krimea oleh Rusia pada tahun 2014 mendorong Swedia untuk menilai kembali situasi keamanan. Mereka memperkenalkan kembali wajib militer dan mulai membangun kembali kemampuan pertahanan, termasuk di pulau Gotland di Laut Baltik yang penting secara strategis.

Analis pertahanan mengatakan Finlandia dan Swedia memiliki angkatan bersenjata modern dan kompeten yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuan NATO di Eropa Utara. Pasukan Finlandia dan Swedia sering berlatih dengan NATO sehingga pada dasarnya mereka dapat dioperasikan.

Menambahkan anggota baru biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan, karena keputusan itu perlu diratifikasi oleh 30 negara anggota NATO. Tetapi dalam kasus Finlandia dan Swedia, proses aksesi dapat dilakukan "dalam beberapa pekan," menurut seorang pejabat NATO yang memberi tahu wartawan dengan syarat bahwa dia tidak disebutkan namanya karena tidak ada aplikasi yang dibuat oleh kedua negara.

"Ini bukan waktu yang normal," katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home