Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:04 WIB | Kamis, 12 Mei 2022

Presiden: Finlandia Bergabung ke NATO Tidak untuk Melawan Siapa Pun

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, dan Presiden Finlandia, Sauli Niinisto berjabat tangan, setelah menandatangani deklarasi antara Inggris dan Finlandia untuk memperdalam kerja sama pertahanan dan keamanan mereka, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di Istana Kepresidenan, di Helsinki, Finlandia, pada hari Rabu, Mei 11, 2022. (Foto: Reuters)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM-Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, mengatakan bahwa "tidak akan melawan siapa pun," jika negara Nordik itu bergabung dengan NATO, meskipun Rusia memperingatkan terhadap keanggotaan tersebut.

“Bergabung dengan NATO tidak akan melawan siapa pun. Ini bukan permainan zero-sum,” kata presiden saat penandatanganan deklarasi politik bantuan timbal balik dengan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, hari Rabu (11/5).

Jika Finlandia ingin bergabung dengan NATO, Niinisto mengatakan bahwa tanggapannya terhadap Rusia adalah “Anda yang menyebabkan ini, lihat ke cermin.”

Mirip dengan yang ditandatangani dengan Swedia sebelumnya pada hari Rabu, deklarasi tersebut memastikan bahwa jika Finlandia “menderita bencana atau serangan,” Inggris akan membantu dalam berbagai cara yang mungkin termasuk sarana militer.

“Finlandia sudah menjadi mitra yang ditingkatkan di NATO. Tidak ada keraguan dalam benak siapa pun bahwa Finlandia adalah bagian dari Barat,” kata Niinisto.

Dia mencatat bahwa situasinya telah berubah, karena sebelumnya Moskow menganggap bahwa Finlandia dan Swedia yang secara militer non blok sedang “menstabilkan” kawasan Baltik.

“Tetapi kemudian, pada akhir tahun lalu, mereka menyatakan bahwa Finlandia dan Swedia tidak dapat bergabung dengan NATO. Mereka menuntut agar NATO tidak menerima anggota baru. Rusia sebenarnya menyatakan bahwa Anda tidak memiliki keinginan sendiri,” kata Niinisto.

Ini adalah “perubahan besar”, tambah presiden. Invasi Rusia pada 24 Februari ke Ukraina telah menyebabkan perubahan dramatis dalam opini politik dan publik Finlandia yang mendukung bergabung dengan aliansi militer NATO, sebagai pencegah terhadap agresi dari Moskow.

Presiden dan perdana menteri Finlandia akan mengumumkan pada hari Kamis (12/5) posisi mereka yang sangat ditunggu-tunggu tentang apakah akan bergabung dengan NATO, langkah pertama menuju keputusan resmi setelah perubahan pendapat yang cepat sejak perang Rusia di Ukraina. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home