Loading...
INSPIRASI
Penulis: Nugroho Edy Prasetyo 01:00 WIB | Selasa, 13 Mei 2014

Fokus pada Hasil

Tidak sia-sia (foto: www.voteexton.com)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa waktu lalu saya diajak teman untuk ikut mancing di kolam pemancingan umum. Saya bukan orang yang hobi mancing apalagi pemancing andal, sehingga tidak heran cara pegang pancing, masang pakan, melempar pancing, bahkan sampai menarik pancing yang disambar ikan pun, rasanya masih gamang.

Dua jam pertama saya tidak mendapatkan apa-apa. Hampir putus asa rasanya, waktu terbuang percuma hanya sekadar gonta-ganti umpan yang dimakan ikan. Kawan saya dengan sabar mengajari cara saya memancing, dan yang utama adalah fokus pada pancingnya untuk mendapatkan hasil bukan pada yang  lain-lain. Fokus itu adalah mata tertuju pada pelampung, dan ketika umpan disambar, saat itu juga gagang pancing harus dihentakkan untuk membuat ikan terkena mata pancing. Dengan kata lain: memusatkan perhatian pada alat pancing kita.

Benar saja, setelah tiga jam saya mulai mendapatkan hasil dengan cara mengentak pancing pada waktu yang tepat. Dalam dua jam berikutnya saya telah mendapatkan sepuluh ikan mas lumayan besar.

Fokus pada hasil. Itulah kuncinya. Karena dari situ kita belajar untuk berkonsentrasi, sabar, tahu memilih waktu dan tempat yang tepat, dan harus mempunyai harapan untuk mendapatkan hasilnya.

Hidup ini saya rasa juga begitu. Tanpa fokus, semua yang kita jalani dalam hidup rasanya akan menjadi sia-sia. Hidup serasa tak terarah. Yang  didapatkan hanyalah kehampaan tanpa hasil. Karena itu, fokuslah! Hidup terlalu berharga untuk dijalani tanpanya.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home