Loading...
DUNIA
Penulis: Equivalent Pangasi 14:01 WIB | Selasa, 04 Maret 2014

Forbes: Bill Gates Kembali Menjadi Orang Terkaya di Dunia

Seperti yang dilansir Forbes pada Senin (3/3), tahun ini Bill Gates menduduki posisi pertama orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sebesar $76 miliar (setara Rp. 886,1 triliun). (Foto: bbc.co.uk)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Daftar 500 orang terkaya di dunia kembali dirilis oleh Forbes Magazine pada Senin (3/3) waktu setempat, di mana Bill Gates kembali menduduki posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia tahun 2014.

Bill Gates melihat potensi dalam teknologi komputer sebelum orang-orang memahami nilai komersial konsep tersebut. Pandangan masa depannya membuat ia membangun Microsoft menjadi perusahaan raksasa senilai $400 miliar (setara Rp. 4,6 kuadriliun).

“Beberapa orang, melalui keberuntungan dan keterampilan, berakhir dengan memiliki banyak aset. Jika Anda pandai menendang bola, menulis perangkat lunak, berinvestasi saham, tentu akan mendapatkan bayaran dengan sangat baik. Kapitalisme telah bekerja dengan sangat baik,” ia mengatakan pada 2010.

Secara ekstrem, Gates menujukkan pernyataannya pada orang yang tidak menyukai kapitalisme, “siapa pun yang ingin pindah ke Korea Utara, dipersilahkan.”

Tahun 2013, Gates menempati posisi orang terkaya kedua di dunia dengan nilai kekayaan $67 miliar (setara Rp. 781,2 triliun). Sedangkan tahun ini, Gates menduduki posisi pertama orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sebesar $76 miliar (setara Rp. 886,1 triliun).

10 Orang Terkaya di Dunia

Berdasarkan data Forbes, Gates telah 15 kali berada di posisi atas daftar orang terkaya di dunia selama 20 tahun terakhir dengan sumber kekayaan yang berasal dari Microsoft.

Peningkatan kekayaannya membuat Carlos Slim Helu, hartawan pemilik perusahaan telekomunikasi Meksiko, harus puas berada di posisi kedua orang terkaya di dunia 2014.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati Amancio Ortega yang berkecimpung dalam dunia fashion dengan nilai kekayaan sebesar $64 miliar (setara Rp. 746,2 triliun). Ia kemudian disusul oleh Warren Buffet di posisi keempat dengan kekayaan senilai $58,2 (setara Rp. 678,6 triliun) yang bersumber dari perusahaan Berkshire Hathaway.

Larry Ellison dengan perusahaan komputer multinasionalnya, Oracle, berhasil memiliki kekayaan senilai $48 miliar (setara Rp. 559,6 triliun) sehingga menempati posisi kelima. Sedangkan bersaudara Charles dan David Koch menempati posisi keenam dan ketujuh dengan total kekayaan yang sama, yaitu sebesar $40 miliar (setara Rp. 466,4 triliun) yang bersumber dari investasi aset.

Sheldon Adelson dengan usaha kasinonya berhasil mencapai kekayaan sebesar $38 miliar (setara Rp. 443 triliun) dan menempati posisi kedelapan.

Posisi kesembilan dan kesepuluh orang terkaya di dunia ditempati oleh Christy dan Jim Walton dengan masing-masing kekayaan senilai $36,7 miliar (setara Rp. 427,9 triliun) dan $34,7 miliar (setara Rp. 404,6 triliun) yang bersumber dari perusahaan keluarga Wal-Mart.

Salah satu pengusaha Indonesia, Chairul Tanjung menduduki posisi ke-375 di daftar orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sebesar $4 miliar (setara Rp. 46,6 triliun). (forbes.com/bbc.co.uk)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home