Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 16:09 WIB | Jumat, 12 Desember 2014

Gereja Kristus dan KPU Kongo Lokakarya Perkuat Pemilu Kongo

Lokakarya dengan tujuan memperkuat tata pemerintahan yang demokratis dan proses pemilihan di Republik Demokratik Kongo (DRC) diadakan Kinshasa 8-10 Desember oleh Gereja Kristus di Kongo (ECC) dan Komisi Pemilihan Nasional Independen (CENI) di kemitraan dengan Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) dan All Africa Conference of Churches. (Foto: oikoumene.org)

KINSHASA, SATUHARAPAN.COM – Lokakarya dengan tujuan memperkuat tata pemerintahan yang demokratis dan proses pemilihan di Republik Demokratik Kongo (DRC) diadakan Kinshasa 8-10 Desember oleh Gereja Kristus di Kongo (ECC) dan Komisi Pemilihan Nasional Independen (CENI) di kemitraan dengan Dewan Gereja Dunia (World  Council of Churches/WCC) dan All Africa Conference of Churches. Peserta lokakarya mendorong diperbarui dan keterlibatan yang signifikan dari gereja-gereja lokal di negara ini.

Lokakarya ini mempromosikan kolaborasi  gereja dan organisasi ekumenis di DRC untuk meningkatkan kesadaran mengenai pemilu lokal dan kota pada 2015 terkait pemilihan presiden pada 2016. Para peserta menyepakati peta jalan untuk ECC dan gereja-gereja anggota WCC di DRC yang akan dilaksanakan menjelang pemilu.

Lokakarya ini diadakan setelah kunjungan dari Sekretaris Umum WCC Rev. Dr Olav Fykse Tveit ke DRC pada April. Kunjungan ini menghasilkan pembentukan kelompok kerja informal yang ekumenis yang membawa mengedepankan konsultasi nasional dan kolaborasi pada proses pemilihan, pengelolaan sumber daya alam, kekerasan berbasis gender, HIV dan AIDS, hak asasi manusia dan inisiatif kemanusiaan, serta isu-isu remaja.

Lokakarya di DRC mempertemukan lebih dari 150 peserta, termasuk peserta internasional, para pemimpin gereja lokal dan lebih dari 30 perwakilan dari mitra ekumenis dan masyarakat sipil.

“Masalah pasca-pemilu 2011 menjadi faktor destabilisasi untuk DRC, serta wilayah yang lebih luas,” kata Peter Prove, direktur Komisi Gereja-gereja Urusan Internasional WCC. “Adalah penting bahwa keluarga ekumenis global menyertai gereja-gereja anggota di DRC dalam upaya perdamaian dan inisiatif yang terkait dengan proses pemilu. Ini adalah ungkapan ziarah keadilan dan perdamaian—panggilan dari Sidang Raya WCC 2013 di Busan Korea Selatan,” Prove ditambahkan.

Para peserta lokakarya menekankan bahwa lebih dari 52% dari populasi pemilih adalah perempuan, dan hampir 70% adalah remaja. Diskusi ini menggarisbawahi pentingnya fokus pada peran perempuan dan pemuda, baik sebagai pemilih dan kandidat.

Pendeta Milenge Mwenelwata, wakil presiden ECC, mengatakan, “Keluarga ekumenis di DRC membutuhkan dukungan dan dorongan dari keluarga ekumenis yang lebih luas saat kami mempersiapkan pemilu, dan untuk memainkan peran kami dalam membangun perdamaian dan keadilan dan martabat manusia di negara kita.”

“Proses pemilihan yang damai dan sah merupakan prasyarat untuk memastikan stabilitas politik dan hak asasi manusia di negara kita,” kata Pdt Dr Micheline Kamba, Eksekutif dan anggota Komite Sentral WCC. “Ini adalah panggilan kita, gereja-gereja dan organisasi keagamaan, bekerja untuk perdamaian dan mencegah kekerasan dengan segala cara. Saya mengundang keluarga ekumenis yang lebih luas untuk menemani gereja-gereja kita di DRC saat mereka mempersiapkan diri dan terlibat dalam pemilu,” kata Kamba.

WCC juga diwakili oleh Semegnish Asfaw Grosjean, Eksekutif Program WCC untuk urusan internasional, Fr Daniel Buda, Eksekutif Program WCC untuk Faith and Order (Iman dan Tata Gereja), dan Hendrew Lusey, Konsultan Ekumenis WCC untuk Inisiatif Penanggulangan HIV dan AIDS di Afrika. Dalam delegasi WCC juga bergabung Prof. Christoph Stückelberger dari Globethics.net. (oikoumene.org)

Baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home