Loading...
INDONESIA
Penulis: Ignatius Dwiana 23:29 WIB | Senin, 30 Desember 2013

Gubernur Joko Widodo: Persoalan Lurah Susan Bukan Masalah Kecil

Ali Masykur Musa, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan Direktur LPI Boni Hargens. (Foto: Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lurah Susan Jasmine Zulkifli di Lenteng Agung yang dipersoalkan karena menjadi Lurah beragama Kristen di tengah mayoritas warga Muslim dinilai banyak orang sebagai masalah kecil. Tetapi tidak demikian dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

“Banyak orang melihat masalah itu sebagai masalah kecil. Tetapi buat saya akan menjadi sebuah masalah besar kalau keputusan kita keliru.” Kata Joko Widodo dalam Diskusi Kaledioskop Politik 2014 yang diselenggarakan Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) di Jakarta pada Senin (30/12).

Joko Widodo mengaku sejak awal menolak alasan sejumlah orang yang mempersoalkan agama Lurah Susan. Menurutnya, persoalan Lurah Susan merupakan masalah tata kelola pemerintahan. Pengangkatannya melalui seleksi dan promosi terbuka. Bukan karena dipilih atas kemauan Gubernur Joko Widodo.

“Saya tidak mau memilih dan saya menempatkan lewat good governance yang memang sudah kita lakukan secara terbuka. Dipilih dan ditempatkan,“ kata Joko Widodo.

Persoalan Lurah Susan yang ditolak sebagian warganya hanya berdasarkan agama jika tidak diwaspadai dan disikapi dapat merembet ke tempat lain. Gubernur yang menerima anugerah penghargaan tokoh pluralis 2013 dari LPI ini mengatakan, “Masalah ini bisa tidak hanya merembet di Jakarta, tetapi akan merembet ke seluruh tanah air.”

”Karena itu saya sampaikan sejak awal tidak, karena menurut saya kemajemukan, kebhinnekaan adalah anugerah yang tidak boleh kita pertentangkan,” kata Joko Widodo.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home