Loading...
DUNIA
Penulis: Claudya Ananda Putri Kawet 09:44 WIB | Kamis, 02 Mei 2013

Gunung Fuji Diusulkan Sebagai Situs Warisan Dunia

Gunung Fiju di Jepang (Doc: Wikipedia.org)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Gunung Fuji merupakan salah satu tempat  ternama di Jepang dan merupakan ciri khas atau simbol negara dari negeri Jepang itu sendiri selain bunga sakura. Gunung ini diusulkan agar menjadi situs warisan dunia oleh Organisasi Kebudayaan Internasional (UNESCO). 

Seperti yang di lansir BBC Dewan Internasional Monumen dan Situs (Icomos) yang berafiliasi dengan UNESCO sebelumnya telah memberitahukan kepada pemerintah Jepang bahwa puncak gunung berapi itu layak didaftarkan sebagai warisan dunia UNESCO. 

Icomos merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi nilai budaya atas daftar warisan dunia yang dinominasikan dan mengajukan rekomendasi bagi Unesco pada pertemuan tahunan. 

Menurut Badan Urusan Kebudayaan Jepang pada Rabu (1/05) mengatakan telah menerima pemberitahuan bahwa Gunung Fuji direkomendasikan masuk daftar warisan dunia.
  
Oleh karena itu, Walikota Fujinomiya, Hidetada Sudo, berharap dengan adanya pengakuan Gunung Fuji akan meningkatkan pariwisata. "Saya berharap banyak orang akan mengunjungi kami. Ini merupakan langkah besar bagi pembangunan kota," katanya.  

Persetujuan resminya diperkirakan akan ditentukan dalam pertemuan Komite Warisan Dunia diadakan di Kamboja Juni mendatang.

Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi pada di sebelah barat Tokyo dan memiliki ketinggian 3.776 meter serta berperan penting dalam kehidupan kebudayaan, seni dan agama di Jepang sehingga ratusan ribu orang melakukan ritual keagamaan dengan mendaki gunung setiap tahun.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home