Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 07:40 WIB | Sabtu, 24 Oktober 2015

Hari PBB ke 70: Kampanye Biru

Ilustrasi Hari ulang tahun PBB ke 70. (Foto: un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM -  Untuk merayakan ulang tahun ke-70 PBB, lebih dari 200 ikon monumen, bangunan, patung, jembatan, dan gedung lainnya di hampir 60 negara di seluruh dunia, akan menyala biru pada Hari PBB, 24 Oktober, sebagai bagian dari kampanye global baru yang menarik yang membantu menyatukan warga global, dan mempromosikan pesan perdamaian, pembangunan dan hak asasi manusia.

Gedung seperti Sydney Opera House, Piramida Agung Giza di Mesir, Kristus Penebus di Rio de Janeiro, New York Empire State Building, Tokyo SkyTree Tower, Menara Miring Pisa di Italia, Diana The Huntress Fountain di Meksiko, pertapaan di Rusia, Kastil Edinburgh dan Central Hall Westminster di Inggris, dan Alhambra di Spanyol, biru muda untuk membantu menandai berdirinya PBB.

Pesan Sekretaris-Jenderal pada Hari PBB:

Sementara itu Sekretaris Jenderal Ban Ki Moon berpesan pada hari ulang tahun PBB ke 70 pada Sabtu (24/10) di New York  demikian:

Bendera biru PBB adalah banner harapan bagi saya, yang tumbuh di masa perang Korea.

Tujuh dekade setelah pendiriannya, PBB tetap menjadi mercusuar bagi seluruh umat manusia.

Setiap hari, PBB telah memberi makan bagi orang lapar dan tempat penampungan orang-orang terusir dari rumah mereka.

PBB memberikan  vaksinasi bagi anak-anak yang dinyatakan akan meninggal.

PBB juga membela hak asasi manusia, tanpa memandang ras, agama, kebangsaan, jenis kelamin atau orientasi seksual.

Pasukan penjaga perdamaian kami berada di garis depan konflik, mediator kami membawa prajurit ke meja perdamaian, pekerja bantuan kami berani  memberikan pertolongan pada lingkungan yang  berbahaya.

PBB telah menyelamatkan jiwa, dan  bekerja untuk seluruh umat manusia, dan peduli untuk bumi, rumah kami satu-satunya.

Ulang tahun PBB ke-70, adalah saat untuk mengenali dedikasi dan untuk menghormati pengorbanan mereka yang menjalankan tugas.

Dunia menghadapi banyak krisis, dan batas-batas tindakan internasional kolektif yang sangat jelas.

Nilai-nilai abadi Piagam PBB harus tetap panduan kami. Tugas kita bersama adalah untuk "menyatukan kekuatan kita untuk melayani bangsa".

Untuk menandai ulang tahun ini, monumen dan bangunan di seluruh dunia ditandai dengan warna biru PBB. Kami menegaskan kembali komitmen, untuk masa depan yang lebih baik dan cerah untuk semua. (un.org)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home