Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 19:49 WIB | Senin, 22 Juni 2015

HUT DKI: Mendagri Harap Sinergi Gubernur dan DPRD

Suasana Sidang Paripurna Istimewa DPRD DKI Jakarta, Senin (22/6). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali menyinggung hubungan Gubernur DKI Jakarta dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI yang beberapa waktu sempat memanas. Sindiran halus Tjahjo disampaikan saat rapat paripurna istimewa yang digelar bersamaan dengan HUT ke-488 DKI. 

"Yang paling terpenting semua menjaga komunikasi hubungan baik antara gubernur dan DPRD DKI," ujar Tjahjo di Ruang Paripurna DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/6). 
 
Menurutnya, keberhasilan seluruh aspek pembangunan Jakarta dapat tercapai jika keduanya saling bersinergi. Tak hanya itu, Tjahjo juga mengungkapkan keberhasilan pembangunan di Jakarta dapat tercapai didukung kota-kota penyangga. 

"Anggaran yang besar di Jakarta harus bisa berbagi ke kota penyangga. Sumber kemacetan, sumber kebanjiran juga akan tergantung pembangunan kota-kota penyangga. Jakarta jadi aman kalau 'lampu merah' daerah yang menimbulkan kerusuhan tertangani dengan baik," kata Tjahjo.

Selanjutnya, pembangunan kota Jakarta pun harus dilakukan atas dasar berbagai pertimbangan. Membangun mal, misalnya. Mal Jakarta harus dikurangi pembangunannya. Pembangunan mal boleh dilakukan asal pasar tradisional juga harus dibenah, kata Tjahjo. 

"Pembangunan di Jakarta tentu tolok ukur keberhasilan dilihat dari banyak gedung mencakar langit, banyak rumah mewah, tapi ukurannya bagaimana pembangunan bisa serasi dan bisa mengakomodir seluruh masyarakat," ujar dia. 

Sementara, Tjahjo juga mengungkapkan keprihatinan terhadap pemerintah Jakarta yang sampai semester kedua ini penyerapan anggarannya masih kurang dari 20 persen. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home