Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 15:15 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

HUT DKI: “Orang Jakarta Nggak Usah Belanja di Luar”

Logo HUT ke-488 DKI Jakarta. (Foto: ahok.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menyambut HUT ke-488 DKI Jakarta, berbagai perhelatan digelar, utamanya untuk meneguhkan Ibukota sebagai destinasi wisata belanja. Festival Jakarta Great Sale (FJGS) dan Jakarta Fair, misalnya. Kedua agenda rutin tahunan yang digelar di pusat niaga ini mampu menyedot puluhan, bahkan ratusan ribu pengunjung.  

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) sekaligus ketua penyelenggara FJGS 2015, Ellen Hidayat, mengungkapkan FJGS sebagai event diskon terbesar sepanjang tahun diharapkan dapat meminimalisasi jumlah kunjungan masyarakat Jakarta ke luar negeri hanya untuk belanja.

Menurutnya, harga barang merek luar yang ditawarkan di Jakarta dalam FJGS tak kalah murah dengan barang serupa di luar negeri seperti di Singapura. Bahkan, beberapa barang brand luar tergolong lebih murah dibandingkan di Singapura.

“Orang Jakarta maupun se-Indonesia, nggak usah belanja di luar (negeri, Red). Belanja saja di Jakarta,” ujar Ellen beberapa waktu lalu di Baywalk Mal, Jakarta Utara.

Senada dengan Ellen, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dalam perbincangan khusus bersama satuharapan.com Rabu (16/6) lalu juga mengimbau masyarakat Jakarta untuk mengeksplorasi lokasi wisata belanja, khususnya, di Jakarta.

“Saya nggak suka ya, karena di Jakarta itu kebanyakan promosi wisata kita justru ke luar negeri. Ngadain ekspo di Milan, di Roma. Ngapain. Sekali-sekali boleh, tapi jangan setahun empat sampai lima kali ke luar negeri hanya untuk wisata dan belanja,” ujar Djarot.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengimbau warga memanfaatkan kesempatan FJGS untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Ia pun juga menyarankan masyarakat Ibukota dapat memanfaatkan pesta diskon besar-besaran ini untuk mempersiapkan kebutuhan selama setahun ke depan.

 “Masyarakat bisa memanfaatkan ini untuk beli produk-produk yang dibutuhkan sepanjang tahun. Ini saya suka lakukan. Beli baju, beli tas, dan beli sepatu buat setahun,” kata Ahok sembari tertawa.

Adanya festival potongan harga yang diadakan tahunan ini diharapkan Ahok dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang masuk ke Jakarta, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Lebih lanjut, melalui FJGS ini, ia memiliki impian kelak Jakarta dapat menjadi surga belanja dan surga jalan-jalan bagi wisatawan.

 “Saya kira makin ke depan turis akan datang ke Jakarta di HUT DKI karena selain cuaca tidak hujan, banyak perayaan rangkaian ulang tahun DKI,” ujar Ahok.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home