Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:43 WIB | Sabtu, 14 Mei 2016

#IdeasforIndonesia, Idea Festival Indonesia 2016

Ilustrasi Ideafest 2015 digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta. (Foto: Antara/Arindra Meodia)

SATUHARAPAN.COM - Kompetisi #IdeasForIndonesia hadir kembali. Kompetisi tahun ini mengajak perusahaan atau pengusaha dengan prospektif model bisnis yang baik, serta berdampak positif pada lingkungannya secara signifikan, demikian yang dikutip dari situs ideafest.id.

Selama kompetisi berlangsung, sejumlah pakar dari berbagai bidang akan menjadi mentor dan membimbing para peserta dalam pengembangan ide yang lebih berdampak positif serta berkelanjutan.

 Acara ini, dihelat sejak tahun 2011 dan diperuntukkan bagi pengusaha, dengan prospek model bisnis yang berdampak positif pada lingkungan atau social entrepreneurship. Bagaimana industri kreatif dapat digarap dengan baik dari sisi sosial, sekaligus sisi finansial.

Pengusaha yang boleh ikut, minimal telah dua tahun mengimplementasikan idenya. Tahun ini, pendaftaran kompetisi dimulai sejak 19 April hingga akhir Mei 2016. 

Tahun 2015, kompetisi ini berhasil menghimpun 528 peserta dengan didampingi 15 mentor. Salah satu peserta Ideafest 2015 yang menjadi pemenang tahun lalu adalah Anang Setiawan. Dia memiliki gagasan gerakan pulang ke desa untuk mengajak anak muda membangun bisnis untuk menyejahterakan kampung halamannya.

“Berkat kompetisi Ideafest tahun lalu, gerakan saya makin berkembang. Saat ini, saya mendirikan PT Ekonomi Lokal yang fokus memberikan modal pinjaman pada peternak atau petani di daerah, kini banyak investor yang ingin menanamkan modal pada PT Ekonomi Lokal,” kata Anang,seperti yang dikutip dari kinciakincia.com.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap pemenang kompetisi akan dapat kesempatan untuk studi banding ke luar negeri..

Untuk tahun ini, kompetisi berhadiah total senilai 500 juta rupiah, mulai dari pembiayaan, inkubasi serta perjalanan kreatif dan memperoleh bimbingan dari sejumlah pakar lintas bidang dan sebuah wisata yang kreatif dan inspiratif.

Dewan juri tahun ini adalah:  Andy F Noya (TV Host dan wartawan), Sandiaga Uno (Founder Saratoga Group), Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif), William Tanuwijaya (CEO of Tokopedia).

Pendaftaran Tahap 1 sudah dibuka pada tanggal 19 April 2016 di situs www.ideafest.id, Dari formulir yang masuk disaring menjadi 100 semi-finalis

Tahap 2, Dari 100 semi-finalis, masing-masing akan diminta untuk mengisi formulir kedua dan membuat video berdasarkan petunjuk yang diberikan. (Formulir dan petunjuk akan dipersiapkan oleh IdeaFest)

Setelah seluruh formulir terkumpul dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan, seluruh semi-finalis akan melewati proses seleksi berikut dan akan disaring lagi menjadi 5 finalis

Tahap 3, Jika terpilih menjadi 5 besar, masing-masing finalis akan mendapatkan kesempatan untuk dibimbing para pakar selama kompetisi berlangsung. Selama bimbingan, finalis dan mentor dianjurkan untuk terlibat secara aktif secara online.

Pada saat periode bimbingan berakhir, masing-masing finalis harus memilih satu perwakilan (jika berkelompok) untuk datang ke Jakarta dan menyajikan presentasi

Di Jakarta, masing-masing finalis akan mengikuti sesi privat bersama berbagai pengusaha sosial untuk meningkatkan wawasan

Tahap 4, para finalis 5 besar, akan mempresentasikan hasil karyanya dan akan melewati proses penjurian

Tahap 5, pemenang akan presentasi di panggung utama IdeaFest 2016

Kompetisi diperuntukkan untuk peserta yang telah menjalankan usaha atau perusahaannya selama minimal 2 tahun, memiliki model bisnis yang berprospektif baik serta berdampak positif secara sosial, berusia 18-40 tahun, warga Negara Indonesia yang sedang tinggal di Indonesia

Jadwal Kompetisi

Proses penjurian berlangsung tanggal 1 Juni – 15 Juni 2016.

Pada tanggal 15 Juni 2016 dilakukan pengumuman 100 semi-finalis, dan finalis mempersiapkan kerangka dan membuat video sendiri, formulir dipersiapkan oleh IdeaFest.

Pada tanggal 15 Juli, finalis mengirimkan formulir dan video.

Tanggal 15 Juli – 1 Agustus 2016, panitia melakukan seleksi untuk finalis menjadi lima besar.

Tanggal 1 Agustus 2016, pengumuman pemenang 5 besar, dan pemenang mengadakan persiapan ke Jakarta     

Tanggal 1 September 2016, panitia mengadakan bimbingan online untuk finalis 5 besar, yang dinamakan bimbingan supervise.

Tanggal 16-22 September 2016 adalah pekan lokakarya, penjurian dan presentasi  untuk lima finalis besar

Tanggal 24 September 2016, presentasi pemenang di IdeaFest 2016.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home