Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:56 WIB | Kamis, 18 November 2021

Ilmuwan AS Peringatkan Adanya Awan Abu Vulkanik dari Letusan Seabad Lalu

Foto dukumen dari Juni 1912 yang disediakan oleh Survei Geologi AS menunjukkan abu melayang di sekitar gereja Ortodoks Rusia yang baru di desa Katmai setelah letusan Gunung Berapi Novarupta di Taman Nasional dan Cagar Alam Katmai di Alaska. Peringatan yang tidak biasa dikeluarkan oleh para ilmuwan gunung berapi Rabu, 17 November 2021, memperingatkan bahwa awan abu menuju ke Pulau Kodiak Alaska. Abunya berasal dari letusan dahsyat Novarupta tahun 1912, sebuah gunung berapi di Semenanjung Alaska yang menjatuhkan abu vulkanik yang masih terlihat sampai sekarang. (Foto: dok. GC Martin/US Geological Survey via AP)

ALASKA, SATUHARAPAN.COM-Ilmuwan gunung berapi mengeluarkan peringatan pada hari Rabu (17/11), bahwa awan abu dari letusan gunung berapi lebih dari seabad yang lalu, sedang menuju ke Pulau Kodiak, Alaska.

Abunya berasal dari letusan dahsyat gunung Novarupta tahun 1912, sebuah gunung berapi di Semenanjung Alaska yang menjatuhkan abu vulkanik yang masih terlihat sampai sekarang.

Angin barat laut yang kuat di sekitar Taman Nasional Katmai dan Cagar Alam dan Lembah Sepuluh Ribu Asap pada hari Rabu menyebarkan abu gunung berapi yang lepas.

“Umumnya, sepanjang tahun ini, kami mendapatkan beberapa angin barat laut yang dapat turun dari wilayah Katmai dan benar-benar menyapu sebagian abu bebas yang diendapkan dari letusan tahun 1912 dan kemudian membawanya ke ketinggian,” kata Hans Schwaiger, seorang ahli geofisika penelitian Survei Geologi AS di Alaska Volcano Observatory, kepada The Associated Press.

Angin diperkirakan membawa abu sekitar 100 mil (161 kilometer) tenggara menuju Pulau Kodiak, dan peringatan penerbangan ke pesawat dikeluarkan untuk peristiwa dataran rendah. Para ilmuwan memperkirakan awan abu itu tidak akan berada di atas 7.000 kaki (2.133,6 meter).

Beberapa dari peristiwa ini dapat menyebabkan debu abu ringan di kawasan komunitas terdekat. "Yang satu ini sepertinya tidak kaya abu seperti yang lain, jadi mungkin ada abu yang dapat diabaikan darinya," kata Schwaiger.

Letusan Novarupta terjadi selama tiga hari, salah satu yang terbesar di dunia, dimulai pada 6 Juni 1912, dan melontarkan abu setinggi 100.000 kaki (30.480 meter) di atas wilayah Katmai, yang terletak sekitar 250 mil (402 kilometer) barat daya Anchorage.

Survei Geologi AS memperkirakan 3,6 mil kubik (15 kilometer kubik) magma meletus, sekitar 30 kali lipat dari yang dimuntahkan dari Gunung St. Helens di negara bagian Washington 40 tahun lalu.

Letusan Novarupta adalah yang paling kuat dari abad ke-20 dan termasuk yang terbesar dalam sejarah yang tercatat. Abu diendapkan di tempat yang sekarang dikenal sebagai Lembah Sepuluh Ribu Asap, menyimpan abu sekitar 600 kaki (183 meter) di beberapa tempat.

Angin kencang dan kering, kondisi bebas salju akan menghasilkan awan abu ini sebentar-sebentar, kata observatorium dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa tidak ada letusan di tempat.

Pernyataan itu mengatakan ketujuh gunung berapi di daerah Katmai, termasuk Novarupta, tetap berada pada tingkat hijau terendah, atau normal.

Pulau Kodiak memiliki populasi sekitar 13.000 orang dan merupakan rumah bagi pangkalan Penjaga Pantai AS yang besar. Pulau ini dapat diakses dengan pesawat terbang dan kapal feri. Industri perikanan adalah bisnis utama di pulau pegunungan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home