Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:51 WIB | Selasa, 18 Agustus 2015

Imbang Bilbao Raih Juara Piala Super Spanyol

Pemain Bilbao, Carlos Gurpegui (kaus merah putih) berebut bola dengan pemain Barcelona, Gerard Pique (kaus biru merah). (Foto: fifa.com)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM - Athletic Bilbao sukses menjadi juara Piala Super Spanyol setelah di final leg kedua di Stadion Camp Nou Barcelona Selasa (18/8) dini hari WIB, menahan imbang  Barcelona dengan skor 1-1. Bibao menjadi unggul agregat 1-5 atas klub yang menjadi juara Liga Spanyol musim lalu tersebut.

Laga leg pertama pekan lalu di markas Athletic Bilbao, Bilbao menang telak  4-0.

Laga kedua kesebelasan berlangsung ketat dan sempat terjadi dua kartu merah, satu bagi Barcelona yang diperuntukkan Gerard Pique di menit ke-53, sementara Bilbao juga harus bernasib serupa karena salah satu gelandangnya Kike Sola diganjar kartu merah di menit ke-86.

Lionel Messi sesungguhnya dapat membawa Barcelona unggul di awal pertandingan, saat menerima bola dari Pedro Rodrigues, namun bola tendangan Pedro digagalkan salah satu bek Bilbao dan berbuah tendangan penjuru. Sesaat kemudian, Gerard Pique hampir mencetak gol dari tendangan penjuru yang dieksekusi Ivan Rakitic namun bola masih membentur mistar gawang Bilbao yang dikawal Gorka Iraizoz.

Javi Eraso membalas peluang tersebut di menit ke-25 saat dia menggiring bola melewati halangan gelandang Barcelona, Javier Mascherano bola operan Eraso tepat di kaki penyerang Bilbao Aduriz Zubeilda, namun Aduriz gagal memanfaatkan peluang tersebut sebab bola tendangannya melenceng dari gawang Barcelona yang dikawal Claudio Bravo.

Dua menit menjelang babak pertama selesai pertahanan Bilbao runtuh karena kecerdikan umpan Ivan Rakitic yang akurat ke Lionel Messi. Bola dari Rakitic tidak disia-siakan Messi akibatnya Iraizoz tidak berdaya menghadapi bola tendangan Messi, sehingga Barcelona unggul 1-0 di akhir babak pertama.

Babak kedua sial bagi Barcelona karena Gerard Pique diganjar kartu merah. Salah satu bek tim nasional Spanyol ini diganjar kartu merah karena protes terlalu keras kepada hakim garis di pinggir lapangan saat sebuah serangan Bilbao seharusnya gagal karena Aduriz, menurut Pique, terjebak dalam posisi offside. Serangan tersebut gagal karena bola tidak menemui sasaran.

 Barcelona yang bersemangat mencari gol tambahan nyaris mendapatkannya di menit ke-61 saat bola dari bek kiri Jeremy Mathieu tepat ke arah Ivan Rakitic. Gelandang Barcelona asal Kroasia ini melepaskan bola kencang ke arah gawang Bilbao dari dalam kotak penalti namun melebar dan hanya mengenai papan iklan.

Bilbao memastikan menjuarai Piala Super Spanyol di menit ke-77 lewat gol Aduriz Zubeilda yang memanfaatkan umpan dari Oscar De Marcos.

Bilbao mengalami kesialan serupa di menit ke-81, saat ingin mengamankan kedudukan  salah satu gelandangnya, Kike Sola diganjar kartu merah karena menurut wasit Sola melakukan pelanggaran dengan menarik kaus gelandang Barcelona, Javier Mascherano.

Hingga pertandingan selesai skor tetap imbang 1-1, dan Bilbao berhak mengangkat Piala Super Spanyol.

Susunan Pemain:

Barcelona:  Claudio Bravo,  Dani Alves,  Gerard Piqué,  Javier Mascherano,  Jérémy Mathieu,  Sergio Busquets,  Ivan Rakitic,  Andres Iniesta,  Lionel Messi,  Pedro Rodrigues,  Luis Suarez.

Athletic Bilbao:  Gorka Iraizoz,   Boveda,  Xabier Etxeita,   Aymeric Laporte,   Mikel Balenziaga,  Benat Exteberria,   Carlos Gurpegi,   Oscar De Marcos,  Javi Eraso,   Markel Susaeta   Aduriz Zubeilda. (eurosport.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home