Loading...
SAINS
Penulis: Melki 16:53 WIB | Senin, 15 Januari 2024

Immanoel, Mahasiswa UK Maranatha Juara I Kompetisi Gema Bulan Bahasa

Immanoel, Mahasiswa UK Maranatha Juara I Kompetisi Gema Bulan Bahasa
Foto: dok. Medkom UK Maranatha
Immanoel, Mahasiswa UK Maranatha Juara I Kompetisi Gema Bulan Bahasa

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Mahasiswa Program Sarjana Sistem Informasi Universitas Kristen Maranatha meraih prestasi dalam ajang Kompetisi Gema Bulan Bahasa 2023.

Kedua mahasiswa tersebut adalah Immanoel Donny Wijaya (2127006) yang berhasil meraih Juara I Favorit dan Gold Award, dan Carl Amadeos (2227002) yang mendapatkan Silver Award dalam kategori lomba fotografi.

Kompetisi nasional dengan tema “Bahasa dan Budaya, Jati Diri Bangsa” tersebut diselenggarakan oleh UPT Bahasa Universitas Udayana, Bali, pada 8-25 Oktober 2023.

Terdapat beberapa kategori perlombaan dalam kompetisi ini, seperti olimpiade bahasa Indonesia dan Inggris bagi untuk siswa SD, SMP, dan SMA/SMK se-Indonesia, serta lomba esai dan fotografi untuk siswa SMA/SMK dan mahasiswa.

Seluruh rangkaian kategori perlombaan diadakan secara online. Penilaian karya fotografi menggunakan sistem voting melalui like di Instagram untuk babak penyisihan dan penentuan pemenang. Kemudian, pengumuman pemenang dilakukan secara online melalui platform YouTube Karya Yowana Bali Learning Center.

Salah satu pemenang lomba, Immanoel, dikutip Senin (15/1) menjelaskan karya yang ia usung dalam kompetisi, “Setiap motif batik adalah cerita yang tak terucapkan, dan setiap kata yang terbaca adalah petualangan yang tak terbatas”. 

Melalui karyanya, ia ingin menyatukan esensi batik sebagai simbol budaya dan bahasa Indonesia yang kaya, serta mencerminkan identitas bangsa yang kokoh dan beragam.

Tak hanya itu, Immanoel juga mengatakan bahwa meskipun fotografi bukan hobinya, ia senang mengeksplor dan mengambil foto objek secara acak saat senggang. Namun, ia mengungkapkan kesulitannya dalam menentukan judul serta deskripsi foto yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia.

“Untuk mengatasi kesulitan tersebut, saya menggunakan web Pinterest sebagai sumber referensi model fotografi. Saya kaget sekaligus bahagia saat dinyatakan berhasil meraih Juara I Favorit dan Gold Award di kali pertama saya mengikuti lomba fotografi. Ke depannya, saya ingin dapat mengembangkan skill saya di bidang fotografi dan multimedia melalui lomba fotografi lainnya,” tambah Immanoel.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home