Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:16 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

Indonesia Mampu Hasilkan Listrik 5 GW dari Limbah Sawit

Ilustrasi: seorang petani sawit sedang bekerja. (Foto: geoenergy.co.id).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Direktur  Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konversi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan bahwa potensi energi listrik yang bisa dihasilkan dari limbah kelapa sawit mencapai lima gigawatt (GW).

"Ada 850 pabrik kelapa sawit (PKS), jika satu pabrik produksinya 30-40 ton per hari, kurang lebih listrik yang dihasilkan empat megawatt. Itu satu pabrik, jika semuanya kurang lebih lima gigawatt," kata Rida dalam diskusi  Energi Kita di Gedung Dewan Pers, di Jakarta, Rabu (24/6).

Rida menjelaskan dengan besarnya potensi energi yang dihasilkan limbah kelapa sawit maka secara tidak langsung akan memperingan pelaksanaan program pembangkit listrik 35.000 megawatt.

"Itu baru energi dari hasil konversi limbah saja sudah sebesar itu, belum lagi sumber yang lain. Oleh karenanya kita ingin ini dikembangkan, sayang jika tidak diolah," kata Rida.

Rida mengkalkulasi bahwa dalam perhitungannya diperkirakan total nilai ekspor kelapa sawit mencapai 20,8 miliar dolar AS, meningkat delapan persen dibandingkan nilai ekspor tahun sebelumnya yang hanya 19,23 miliar dolar AS hingga Desember 2014. Dengan jumlah produksi mencapai 31 juta ton di tahun 2014, potensi limbah yang dihasilkan juga sangat besar, sedangkan potensinya untuk diolah menjadi biogas pun sangat tinggi. (Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home