Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:01 WIB | Selasa, 16 Mei 2023

Inggris Akan Kirim Drone Serangan Jarak Jauh dan Rudal Jelajah untuk Ukraina

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak (kanan), menyapa Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, saat tiba di Checkers pada 15 Mei 2023 di Aylesbury, Inggris. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Inggris menyambut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Senin (15/5) dengan janji mengirim drone untuk serangan jarak jauh dan peluru kendali (Rudal) jelajah yang dijanjikan pekan lalu, saat pemimpin Ukraina berkeliling Eropa memenangkan senjata baru untuk serangan balasan terhadap Rusia.

Zelenskyy bertemu dengan Perdana Menteri Rishi Sunak di kediaman negara Chequers pemimpin Inggris. Zelenskyy adalah pemimpin asing pertama yang dijamu Sunak di sana sejak menjabat pada bulan Oktober.

Sebelumnya, Zelenskyy, yang datang dari kunjungan ke Roma, Berlin, dan Paris, menulis di Twitter: “Hari ini, London. Inggris adalah pemimpin dalam hal memperluas kemampuan kami di darat dan udara. Kerja sama ini akan berlanjut hari ini.”

Kantor Sunak mengatakan Sunak akan mengkonfirmasi penyediaan ratusan rudal pertahanan udara dan sistem pesawat udara tak berawak lebih lanjut, termasuk ratusan drone serang jarak jauh baru dengan jangkauan lebih dari 200 kilometer.

"Ini adalah momen penting dalam perlawanan Ukraina terhadap perang yang mengerikan," kata Sunak dalam sebuah pernyataan.

“Mereka membutuhkan dukungan berkelanjutan dari komunitas internasional untuk mempertahankan diri dari rentetan serangan tanpa henti dan tanpa pandang bulu yang telah menjadi kenyataan sehari-hari mereka selama lebih dari setahun.”

Inggris juga mengumumkan akan memulai pelatihan dasar pilot Ukraina musim panas ini, “bersamaan dengan upaya Inggris untuk bekerja dengan negara lain dalam menyediakan jet F16, jet tempur pilihan Ukraina.”

Setelah mempertahankan pasukannya dalam posisi bertahan selama enam bulan, Ukraina berencana melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut kembali wilayahnya dengan menggunakan senjata yang baru diperoleh dari Barat. Itu telah mencapai keuntungan terbesarnya sejak November lalu dalam pertempuran di sekitar kota Bakhmut sejak pekan lalu.

Zelenskyy, melakukan tur Eropanya menjelang serangan balasan yang direncanakan, memenangkan janji tambahan besar berupa tank, kendaraan lapis baja, dan senjata lainnya selama dua hari terakhir dari Jerman dan Prancis.

Inggris sering menjadi negara pertama yang menawarkan kemampuan baru kepada Ukraina, sering kali diikuti oleh tawaran serupa dari sekutu lainnya. Inggris adalah yang pertama menawarkan tank tempur pada bulan Januari.

Pekan lalu, London mengumumkan akan mengirimkan rudal jelajah Storm Shadow yang diluncurkan dari udara ke Ukraina, dengan jangkauan yang jauh lebih jauh daripada senjata Barat yang dikirim sebelumnya, melanggar tabu terhadap senjata yang dapat menyerang jauh di belakang garis Rusia.

Setelah Amerika Serikat, Inggris telah menjadi salah satu pemasok bantuan militer terbesar ke Ukraina, menyumbang dukungan senilai 2,3 miliar pound (setara Rp 43,5 triliun) tahun lalu dan menjanjikan jumlah yang sama untuk tahun 2023.

Presiden Ukraina juga pada hari Senin mengeluarkan seruan baru untuk keanggotaan NATO, menyerukan keputusan politik pada pertemuan puncak aliansi Barat pada bulan Juli di Vilnius.

“Sudah waktunya untuk menghilangkan ketidakpastian keamanan terbesar di Eropa, yaitu, untuk menyetujui keputusan politik positif tentang keanggotaan (Ukraina) di NATO,” katanya dalam pidato video di KTT Demokrasi Kopenhagen. “Ini sudah layak dilakukan pada KTT Juli. Ini akan menjadi sinyal tepat waktu.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home