Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 21:37 WIB | Senin, 20 Januari 2014

Inggris: Iran Harus Dukung Transisi Suriah

Menteri Luar Negeri Inggri, William Hague. (Foto mamsr.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Iran harus mengklarifikasikan bahwa pihaknya mendukung pembentukan pemerintahan transisi di Suriah jika republik Islam itu akan menghadiri pembicaraan damai pada pekan ini di Jenewa, tutur Inggris pada Senin (20/1).

“Iran harus mengklarifikasikan bahwa mereka menerima basis dari undangan sekretaris jenderal (PBB). Ini memperjelas bahwa basis satu-satunya untuk menghadiri Jenewa II adalah untuk menerapkan sepenuhnya komunike Jenewa pada Juni 2012, dengan menyerukan transisi politik yang disepakati bersama,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Inggris.

Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, tiba di Brussel untuk pembicaraan dengan para menteri luar negeri UE, dengan mengatakan hal itu akan “sangat membantu” Iran – sekutu dekat rezim Suriah – untuk secara terbuka mendukung pemerintahan transisional.

“Dunia ingin mendengar hal tersebut dari Iran,” ujar Hague.

Dia memperingatkan bahwa pembicaraan damai itu “bisa menjadi proses lama, namun penting bahwa hal itu dimulai dan penting bahwa sorotan tersebut diarahkan ke rezim.”

Oposisi Suriah mengancam akan menarik diri dari pembicaraan damai, marah atas PBB yang mengundang Iran.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home