Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 13:58 WIB | Rabu, 21 Oktober 2015

Inilah Profil DYL yang Terjaring Operasi Tangkap Tangan KPK

Dewie Yasin Limpo. (Foto: TEMPO/Imam Sukamto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dewie Yasin Limpo Dewie adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Sulawesi SelatanTahun 2008 – 2011.  Kelahiran Makassar pada 8 November 1959, ia menempuh pendidikan terakhir di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kalpataru, Jawa Barat, lulus tahun 2008.

Sebelum terpilih sebagai anggota DPR 2014-2019, aktif di Partai Hanura, dan pernah bergabung di Kosgoro yang menjadi sayap partai Golkar Tahun 2013.

Dewie juga pernah menjadi caleg Partai Bulan Bintang dan kemudian caleg Partai Demokrasi Kebangsaan (2004) sebelum akhirnya bergabung dengan Partai Hanura.

Selanjutnya Dewie berhasil menjadi Anggota DPR-RI 2014-2019 dari Partai Hanura untuk Dapil Sulawesi Selatan I, setelah memperoleh 39.514 suara.

Dewie merupakan anggota Komisi VII yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral, Riset dan Teknologi, Lingkungan Hidup. Alat Kelengkapan Dewan: Badan Kerja Sama Antar Parlemen.

Dewie sendiri selama menjabat sebagai anggota DPR belum memiliki visi dan misi bahkan untuk program kerja pun tidak ada.

Riwayat Penghargaan

100 Top Manager Wanita Dana Pengusaha , Dari: Iwapi Pusat jakarta , Tahun: 1995

Pembina,Pengamat,Pencita , Dari: HIMODS Makasar , Tahun: 1994

10 Tokoh,Pejabat dan Pengusaha Kreatif Sulsel, dari Makasar, Tahun: 1994

Wanita Berbusana Terbaik , dari Makasar , Tahun: 1994

Citra Kartini Tingkat Nasional, dari  Ratu Ayu Jakarta , Tahun: 1989

Kebaya Nasional, dari Yayasan Tiara Kusuma Tahun: 1988

Ratu Solo dari  dari Dharma Wanita Makassar Tahun: 1988

Ngadi Saliro Ngadi Busono, dari  Yayasan Tiara Kusumah, Tahun: 1987

Dewi Yasin Limpo merupakan salah satu anggota dari keluarga Yasin Limpo. Dia memiliki lima saudara yang memang memiliki peran besar di Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka banyak yang menjadi pemangku jabatan‎.

Selain Dewi Yasin Limpo, terdapat Syahrul Yasin Limpo, Ichsan Yasin Limpo, Tenri Yasin Limpo, Irman Yasin Limpo, dan Haris Yasin Limpo.

Syharul Yasin Limpo (SYL) saat ini duduk sebagai orang nomor satu di Sulsel. Dia telah menjadi Gubernur sejak 2008 dan saat ini tengah memasuki periode kedua. Tenri Yasin Limpo sendiri saat ini tengah mencalonkan diri untuk menjadi Bupati di Kabupaten Gowa. Tenri menjabat sebagai ketua DPD Golkar Kabupaten Gowa dan sebelumnya menjabat sebagai anggota DPRD Sulsel.

Sementara, Ichan Yasin Limpo yang merupakan adik dari SYL adalah mantan bupati Kabupaten Gowa. Ichsan dua periode menjabat sebagai bupati. Saat ini anak Ichsan, Adnan tengah maju untuk Pilkada Gowa.

Irman Yasin Limpo saat ini tengah menjabat sebagai Kepala BKPMD Sulsel. Sedangkan saudara terakhir yaitu Haris Yasin Limpo baru saja terpilih sebagai Direktur PDAM Makassar, setelah Pemkot Makassar melakukan pemilihan direksi baru.(Berbagai sumber)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home