Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Senin, 01 Januari 2024

Operasi Menjelang Tahun Baru, Turki Tahan 189 Tersangka Teroris Terkait ISIS

Anggota Pasukan Khusus Polisi Turki berjaga di depan kementerian dalam negeri menyusul serangan bom di Ankara, Turki 1 Oktober 2023. (Reuters)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Turki telah menahan sejumlah tersangka atas dugaan hubungan dengan ekstremis ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) dalam operasi penyisiran nasional menjelang perayaan Tahun Baru, kata menteri dalam negeri pada hari Sabtu (30/12).

Diposting di X, sebelumnya Twitter, Ali Yerlikaya mengatakan bahwa 189 tersangka telah ditahan sebagai bagian dari operasi serentak yang dijuluki “HEROES-38” yang dilakukan di 37 kota termasuk Istanbul.

Dua puluh tujuh tersangka ditahan di ibu kota Ankara saja dan 22 tersangka ditahan di Istanbul, katanya.

Turki dalam beberapa bulan terakhir telah mengintensifkan operasi terhadap ekstremis ISIS yang telah mengklaim sejumlah serangan mematikan di wilayah Turki termasuk serangan pada 1 Januari 2017 di sebuah klub malam di Istanbul yang menewaskan 39 orang.

Pada hari Jumat (29/12), pasukan keamanan Turki menahan 32 tersangka ISIS termasuk tiga anggota senior yang merencanakan serangan terhadap gereja dan sinagoga serta kedutaan Irak. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home