Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:43 WIB | Minggu, 11 Oktober 2015

Italia Lolos Piala Eropa 2016

Pemain Italia Stephane El Shaaraawy (tengah) bergembira bersama Giorgio Cheillini (kiri) saat mempermalukan Azerbaijan dengan skor 1-3 pada laga Grup H Kualifikasi Piala Eropa (PE) 2016 di Stadion Taufik Bahramov Republik, Baku, Azerbaijan, hari Sabtu (10/10) malam WIB. (Foto: uefa.com)

BAKU, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Italia memastikan diri lolos ke Piala Eropa yang akan digelar 2016 mendatang di Prancis, setelah mempermalukan Azerbaijan dengan skor 1-3 pada laga Grup H Kualifikasi Piala Eropa (PE) 2016 di Stadion Taufik Bahramov Republik, Baku, Azerbaijan, hari Sabtu (10/10) malam WIB.

Kemenangan atas Azebraijan memastikan Italia mendapatkan tiket ke putaran final. Mereka kini memuncaki klasemen Grup H dengan 21 poin dari sembilan pertandingan.

Di posisi kedua ada Norwegia yang mengumpulkan 19 poin dari sembilan laga. Adapun Kroasia menempati posisi ketiga dengan 14 poin dari delapan laga.

Penyerang Azerbaijan, Eddy Pascual Israfilov beberapa kali merepotkan pertahanan Italia dengan  beberapa sentuhan dan kerja sama dengan rekannya, Arif Dasdamirov namun kerja sama mereka sia-sia karena bola gagal menembus rapatnya pertahanan Italia.

Italia yang sejak menit awal bermain dengan tempo lambat akhirnya unggul di menit ke-11 lewat Eder Citadin Martins, penyerang tim nasional Italia itu mencetak gol dengan mengelabui penjaga gawang  Azerbaijan, Kamran Agayev. Sebelumnya Eder memanfaatkan bola sodoran dari Marco Verratti.

Eder nyaris menggandakan keunggulan Italia menit ke-17, setelah memanfaatkan bola hasil tendangan bebas Leonardo Bonucci namun bola diamankan Agayev.

Azerbaijan tidak tinggal diam, mereka berusaha menyenangkan ribuan pendukungnya. Terbukti usaha mereka dalam menyamakan kedudukan berhasil pada menit ke-31 saat penyerang Azerbaijan, Dima Nazarov mencetak gol dengan memanfaatkan kelengahan koordinasi barisan pertahanan Italia yang dikomandoi Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Penyerang Italia Stephane El Shaarawy nyaris membalas gol dari Azerbaijan, tapi usaha Shaarawy masih gagal karena saat di depan kotak penalti bola masih melambung dari gawang.

Italia kembali memimpin di menit ke-43 saat bola yang diumpan Antonio  Candreva tepat menuju rekannya,   Shaarawy. Penyerang muda Italia asal AC Milan ini kemudian dengan tenang mengarahkan bola melewati badan kiper Azerbaijan, Kamran Agayev.

Italia semakin menjauh di menit ke-65 saat Matteo Darmian mencetak gol. Gol tersebut terjadi berkat kecerdikan Marco Parolo memenangi duel bola di udara melawan gelandang Azerbaijan, Rahid Amirquliyev. Bola kemudian kembali dilambungkan hingga hinggap di Matteo Darmian, pemain Italia yang baru dibeli Manchester United ini menaklukkan Kamran Agayev.

Sampai pertandingan selesai. Azerbaijan gagal menyamakan kedudukan dan harus rela dipermalukan Italia dengan skor 1-3.

Susunan Pemain:

Azerbaijan: Kamran Agayev, Rashad Sadigov, Maxim Medvedev, Gara Qarayev, Badavi Huseynov, Rahid Amirquliyev, Arif Dasdamirov, Afran Ismayilov, Eddy Pascual Israfilov, Dima Nazarov, Ruslan Qurbanov.

Italia: Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Matteo Darmian, Mattia De Sciglio, Antonio Candreva, Marco Verratti, Marco Parolo, Graziano Pelle, Eder Citadin Martins, Stephane El Shaaraawy. (soccerway.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home