Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:48 WIB | Sabtu, 11 November 2023

Jaringan Internet di Yaman Padam pada Hari Jumat

Kelompok Houthi Yaman menyerang Kota Israel, Eilat.
Peta Yaman. (Foto: AP)

SANAA, SATUHARAPAN.COM-Akses internet di seluruh negara Yaman yang dilanda perang runtuh pada hari Jumat (10/11) pagi tanpa penjelasan, kata pemantau web.

Pemadaman ini dimulai hari Jumat pagi sekitar pukul 00:00 GMT dan menyebabkan semua lalu lintas terhenti di YemenNet, penyedia utama negara itu bagi sekitar 10 juta pengguna yang sekarang dikendalikan oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman.

Baik NetBlocks, sebuah kelompok yang melacak pemadaman internet, dan perusahaan layanan internet CloudFlare melaporkan pemadaman tersebut. Keduanya tidak menjelaskan penyebab pemadaman tersebut.

“Data menunjukkan bahwa masalah ini juga berdampak pada konektivitas di tingkat nasional,” kata CloudFlare.

Para pejabat Houthi dan telekomunikasi Yaman tidak segera mengakui pemadaman listrik tersebut.

Pemadaman internet sebelumnya terjadi pada Januari 2022 ketika koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi Houthi di Yaman mengebom sebuah gedung telekomunikasi di kota pelabuhan Hodeida di Kota Merah. Belum ada laporan mengenai serangan serupa.

Kabel FALCON bawah laut membawa internet ke Yaman melalui pelabuhan Hodeida di sepanjang Laut Merah untuk TeleYemen. Kabel FALCON juga akan mendarat di pelabuhan Ghaydah di bagian timur jauh Yaman, namun mayoritas penduduk Yaman tinggal di bagian barat sepanjang Laut Merah.

GCX, perusahaan yang mengoperasikan kabel tersebut, tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Jumat.

Pemadaman ini terjadi setelah serangkaian serangan drone dan rudal baru-baru ini oleh Houthi yang menargetkan Israel di tengah kampanye serangan udara dan serangan darat yang menargetkan Hamas di Jalur Gaza.

Hal ini termasuk serangan yang diklaim terjadi lagi pada hari Kamis (9/11) yang menargetkan kota pelabuhan Israel, Eilat, di Laut Merah. Sementara itu, Houthi juga menembak jatuh drone MQ-9 Reaper Amerika pekan ini dengan rudal permukaan-ke-udara, bagian dari serangkaian serangan di Timur Tengah yang meningkatkan kekhawatiran akan pecahnya perang regional.

Konflik Yaman dimulai pada tahun 2014 ketika Houthi merebut Sanaa dan sebagian besar wilayah utara negara itu. Pemerintah yang diakui secara internasional melarikan diri ke selatan dan kemudian mengasingkan diri di Arab Saudi.

Pengambilalihan kekuasaan oleh Houthi mendorong koalisi pimpinan Arab Saudi untuk melakukan intervensi beberapa bulan kemudian dan konflik tersebut berubah menjadi perang proksi regional antara Arab Saudi dan Iran, dengan AS yang sudah lama terlibat di wilayah pinggiran, memberikan bantuan intelijen kepada kerajaan tersebut.

Namun, kritik internasional atas serangan udara Arab Saudi yang menewaskan warga sipil membuat AS menarik kembali dukungannya. Namun AS diduga masih melakukan serangan pesawat tak berawak yang menargetkan tersangka anggota cabang al Qaeda lokal di Yaman.

Perang tersebut telah menewaskan lebih dari 150.000 orang, termasuk pejuang dan warga sipil, dan menciptakan salah satu bencana kemanusiaan terburuk di dunia, yang menewaskan puluhan ribu lainnya. Gencatan senjata yang berakhir pada Oktober lalu sebagian besar telah dilaksanakan sejak saat itu, meskipun kelompok Houthi diyakini perlahan-lahan meningkatkan serangan mereka karena perdamaian permanen belum tercapai. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home