Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 18:49 WIB | Jumat, 21 Februari 2014

Jemaat Lutheran Hadir bagi Korban Luka Bentrokan di Kiev

Gereja Lutheran Injili di Kiev. (Foto: lutheranworld.org)

KIEV, SATUHARAPAN.COM – Kongregasi Evangelical Lutheran Jerman di Kiev telah merawat korban bentrokan kekerasan di Independence Square (Maidan). Serge Maschewski, yang ditahbiskan sebagai uskup dari Gereja Injili Jerman di Ukraina (GELCU) pada Minggu (16/2), berbicara kepada Lutheran World Information tentang peristiwa Selasa (18/2) malam dan situasi di Ukraina.

Bagaimana situasi terakhir di Kiev?

Ini sangat sulit. Banyak demonstran dari Maidan terjebak dalam bentrokan sengit dengan Berkut (pasukan polisi khusus) dan ada korban di kedua belah pihak. Kami mengeluarkan pernyataan: Kami berdoa bagi orang-orang yang terlibat dan menyerukan dialog dan rekonsiliasi. Kami meminta pemerintah untuk tidak melawan rakyatnya sendiri, tetapi untuk duduk di meja dengan mereka dan mengambil keputusan bersama. Kami sangat prihatin bahwa pemerintah menggunakan kekerasan terhadap rakyatnya sendiri.

Apakah jemaat di Kiev telah merawat yang terluka?

Jemaat kami di Charkov, Dnipropetrovsk, dan Kiev mendukung para demonstran Maidan. Gereja Kiev hanya 150 meter dari gedung pemerintah. Gereja ini sebenarnya sebuah pulau perdamaian tempat banyak orang datang untuk beristirahat dan merefleksikan apa yang terjadi di sini. Tetapi, pada hari itu jemaat telah memberikan pertolongan pertama juga. Rabu (19/2) pagi jemaat Kiev didatangi lebih dari 20 orang dengan luka serius: luka robek, luka bakar dari bom molotov, memar, dan luka-luka akibat dipukuli tongkat. Saya hanya bisa mencapai jemaat melalui telepon karena jalan ke Kiev diblokir. Situasi ini sangat sulit di sana, dan kami berada dalam kontak konstan dengan ponsel dan Skype.

Jadi paroki Lutheran telah menjadi tempat berkumpul demonstran untuk waktu yang lama?

Gereja kami terbuka untuk semua. Dalam beberapa minggu terakhir kami telah menawarkan kopi dan teh kepada siapa saja yang datang, ditambah akses ke dokter dan bantuan medis. Orang bisa datang untuk beristirahat, atau hanya pergi ke toilet. Kami berbicara dan berdoa bersama mereka—yang sangat penting dalam situasi ini dan kami melihatnya sebagai tanggung jawab kita untuk membantu. Kadang-kadang tentara datang dan kami menawarkan mereka kopi dan teh juga. Mereka berada dalam situasi yang tidak menguntungkan, mereka telah diberi perintah mereka benar-benar tidak ingin melakukan, tetapi mereka takut. Kami membantu semua orang, terlepas dari partai politik mereka milik.

Apa posisi gereja?

Karena kami adalah umat gereja Jerman, di sini kami diasosiasikan dengan Eropa Barat. Kami tidak berada pada pihak mana pun, tetapi kami harus berbicara tentang ketidakadilan. Kami tidak bisa tinggal diam. Kami tidak ingin kekerasan, itu adalah tanggung jawab alkitabiah kami untuk menyerukan perdamaian. Hari ini kami duduk dan mengeluarkan pernyataan bahwa gereja mendukung rakyat. Para korban dan pertumpahan darah yang mengerikan dan kami menyerukan dialog dan rekonsiliasi.

Apa yang dapat dilakukan untuk membantu orang-orang di tingkat lokal?

Jemaat Kiev membutuhkan sumbangan obat-obatan, perban, dan yodium. Kami juga mencari dokter yang terlatih untuk menjadi sukarelawan dan mengulurkan tangan. Dan, kami membutuhkan doa Anda. Berdoa untuk gereja kami, untuk perdamaian dan masa depan yang baik untuk Ukraina, bagi orang-orang kami. Kita berada di ambang perang saudara dan doa-doa Anda sangat penting bagi kami. (lutheranworld.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home