Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 06:55 WIB | Senin, 29 Juli 2013

Jerman Juara Piala Eropa Wanita 2013, Tundukkan Norwegia 1-0

Jerman Juara Piala Eropa Wanita 2013, Tundukkan Norwegia 1-0
Pemain Jerman Leonie Mayer dan gelandang Norwegia Kristina Hengeland berebut bola (foto-foto: uefa.com)
Jerman Juara Piala Eropa Wanita 2013, Tundukkan Norwegia 1-0
Pemain Jerman Nadine Agerer dan Saskia Bartusiak begembira seusai mementahkan penalti Norwegia.
Jerman Juara Piala Eropa Wanita 2013, Tundukkan Norwegia 1-0
Pemain Jerman Lena Gossling dan gelandang Norwegia Kristina Helgeland berebut bola
Jerman Juara Piala Eropa Wanita 2013, Tundukkan Norwegia 1-0
Gelandang Norwegia Carolina Hansen letih.
Jerman Juara Piala Eropa Wanita 2013, Tundukkan Norwegia 1-0
Lena Goessling berebut bola dengan Ada Heggerberg.
Jerman Juara Piala Eropa Wanita 2013, Tundukkan Norwegia 1-0
Trofi Piala Eropa Wanita 2013.

SOLNA, SATUHARAPAN.COM – Tim sepakbola wanita Jerman berhasil memenangkan Piala Eropa Wanita 2013 untuk kesepuluh kalinya. Sukses ini sekaligus membalas kekalahan mereka di penyisihan grup atas Norwegia dengan kemenangan tipis 1-0. Pertandingan  final berlangsung Minggu (28/7) di Stadion Olimpiade Solna, kota Solna, Swedia.

Menurut guardian.co.uk, kemenangan ini fantastis, karena dalam penyisihan grup Jerman pernah dikalahkan Norwegia dengan skor yang sama 0-1. Sekarang anak-anak asuh pelatih Silvia Neid ini berhasil mengklaim bahwa mereka adalah tim wanita terkuat di daratan Eropa. Kegemilangan jug tampil pada penjaga gawang Jerman, Nadine Agerer, yang dua kali menahan penalti pemain Norwegia, Ronning dan Akerhaugen.

Momen yang paling memalukan bagi pemain Norwegia ini terjadi pada menit ke-24. Dekkerhus masuk sendirian ke kotak penalti dan dijatuhkan gelandang Da Mbabi dari Jerman. Wasit nampaknya tak terlalu menganggap itu sebagai pelanggaran, tetapi ia tetap bersikeras bahwa penalti diberikan bagi Norwegia. Sayang sekali, Nadine Agerer dengan sigap mengamankan tendangan Ronning yang mudah tertebak arah bolanya itu.  

Tim asuhan Silvia Neid ini datang ke turnamen yang diselenggarakan untuk tidak mengecewakan penggemarnya. Hal ini terbukti dengan Anja Mittag yang dengan sontekan pelan mampu menjebol gawang Norwegia. Dia seolah memastikan Jerman sebagai tim wanita terkuat di kancah sepakbola wanita Eropa tahun ini.

Sebanyak 41 ribu penonton yang memadati Stadion Solna, awalnya banyak mendukung Jerman, karena tendangan bebas Marozsan hanya membentur mistar gawang Norwegia. Kemudian sundulan kepala Nadine Kessler dapat ditangkap penjaga gawang Norwegia yang dikawal Hjelmsleth.

Norwegia berkali-kali membangun serangan dengan sempurna tetapi dipatahkan oleh Da Mbabi. Akibatnya, Catherine Dekkerhus diganjal di kotak penalti, namun tak dapat dimanfaatkan oleh Norwegia untuk mencetak gol.

Dua kali usaha gelandang bertahan Jerman, Okoyino da Mbabi, yang mengancam gawang Norwegia gagal menambah keunggulan, karena dihalau Ingvild Stensland dan Toril Akerhaugen di menit ke-67 dan ke-89.

Usaha Norwegia menyamakan kedudukan gagal karena gol Ada Hegerberg pada menit ke-77 dianulir. Dia dalam posisi offside, lagipula kecemerlangan kiper Angerer dari Jerman harus diacungi jempol pelatih Silvia Neid.

Silvia Neid berkomentar seusai pertandingan bahwa seharusnya Norwegia dan Jerman ada dalam kualitas sepakbola yang sama. "Saya pikir kedua tim memang pantas di final, hasil ini memang pantas. Mereka lemah pada penyelesaian akhir, dan mereka dapat bertahan dengan baik dan menyerang dengan sempurna. Pemain-pemain mereka juga cerdik,” kata Silvia kepada uefa.com.

Even pellerud, pelatih Norwegia, mengatakan bahwa kedua tim ada dalam performa yang sama, tetapi latihan Norwegia sepertinya kurang, yakni kurang berlatih mental juara. “Saya telah beberapa kali mengatakan bahwa kejuaraan ini semuanya adalah tim yang bagus, dan ini telah dibuktikan. Sepertinya kami kurang percaya diri, padahal kualitas kami sama di pertandingan ini dengan mereka,” kata dia.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home