Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 10:17 WIB | Rabu, 20 November 2019

Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2019 Dibuka

Pembukaan JAFF 2019 “Revival” dengan pemukulan gong oleh Presiden Festival JAFF, Budi Irawanto, Selasa (19/11) malam. (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bertempat di Empire XXI Yogyakarta Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2019 yang mengangkat tajuk “Revival” resmi dibuka, Selasa (19/11) malam.

Dalam sambutannya Kepala Kundha Kabudayan Pemda DIY Aris Eko Nugroho menyampaikan bahwa dengan mulai bertumbuhkembangnya film serta sekolah-sekolah perfilman di Yogyakarta, lembaganya berharap bisa semakin banyak melakukan kerja sama untuk menumbuhkan objek-objek seni khususnya film.

JAFF 2019 dibuka secara resmi oleh Festival President JAFF Budi Irawanto bersama Festival Director JAFF Ifa Isfansyah. Penyelenggaraan JAFF 2019 akan berlangsung 19-23 November 2019. Perayaan kebangkitan sinema Asia Pasifik JAFF 14 “Revival” akan diselenggarakan selama lima hari dan akan memusatkan kegiatan pemutaran di Empire XXI Yogyakarta dan kegiatan non-pemutaran di LPP Yogyakarta dan Hotel Horison Yogyakarta. Pembelian tiket menonton film dapat dilayani dengan membeli Sahabat Hanoman (tiket terusan) dan secara on the spot (OTS) di Empire XXI Yogyakarta setiap hari dimulai pada pukul 09:00 WIB.

Perhelatan JAFF 14 ‘Revival’ resmi dimulai dengan penayangan film Abracadabra (2019) yang ditayangkan serentak di lima studio Empire XXI Yogyakarta. Film yang menempuh empat tahun masa produksi tersebut menceritakan tentang seorang pesulap yang mencari arti dari keajaiban. Abracadabra (2019) ditayangkan secara perdana pada upacara pembukaan JAFF 14 ‘Revival’.

Terhitung sejak 20 November 2019, penonton sudah dapat menyaksikan sajian film-film pilihan yang akan ditayangkan di Empire XXI Yogyakarta. Film-film tersebut terbagi atas program-program yang menawarkan perspektif dengan tema festival tahun ini, revival atau kebangkitan. Total sebanyak 111 film dari 28 negara seluruh Asia Pasifik akan ditayangkan dalam serangkaian program kompetisi dan non-kompetisi. Beberapa program film JAFF 14 ‘Revival’ mengusung film-film yang telah melanglang buana ke festival internasional lain, seperti, The Science of Fictions (2019), Tak Ada yang Gila di Kota Ini (2019), dan Bura (2019).

Selain program film, tahun ini JAFF juga menawarkan program-program yang fokus pada edukasi seputar pembuatan dan perkembangan film. Program ini terbagi atas program lokakarya JAFF Education, program kuliah umum Public Lecture, dan program presentasi serta seminar Forum Komunitas.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) di https://jaff-filmfest.org/, dapat pula melalui Twitter @jaffjogja, surel: info@jaff-filmfest.org. Atau menghubungi sekretariat JOGJA-NETPAC ASIAN FILM FESTIVAL yang beralamat di Jalan Kebun Raya 41A, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, Indonesia 55171, telepon: +62-274-387872.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home