Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 21:09 WIB | Minggu, 04 Oktober 2015

Justin Bieber Mengaku Ingin Hidup Seperti Yesus Kristus

Justin Bieber. (Foto: Dok satuharapan.com)

SATUHARAPAN.COM – Pengakuan penyanyi pop Justin Bieber akan imannya, cenderung ditanggapi dengan sinis. Sebenarnya bagaimana sih sebaiknya kita bersikap? Jesse Carey, editor Relevant Magazine menulis opininya dengan baik sekali.

Pekan ini, bintang pop Justin Bieber mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa ia ingin hidup menjadi lebih serupa dengan Yesus. Bieber telah membahas imannya sebelumnya, tapi dalam wawancara terbaru, ia berbicara secara terperinci tentang menjelaskan keinginannya itu untuk menginformasikan gaya hidupnya.

Berbicara dengan Majalah Complex, kata dia,

Jujur ya. Saya hanya ingin ​​hidup seperti Yesus. Maksudnya bukan menjadi Yesus—saya tak pernah bisa—saya tidak ingin hidup saya kelihatan aneh. Yesus menciptakan template yang cukup mengagumkan tentang cara mencintai orang-orang dan bagaimana menjadi ramah dan baik. Jika Anda percaya, ia mati karena dosa kita. Kadang-kadang ketika saya tidak ingin melakukan sesuatu, tapi saya tahu hal itu benar, saya ingat bahwa Yesus tidak merasa seperti pergi ke salib dan mati. Sehingga, karenanya kita tidak perlu dihantui rasa bersalah.

Tak lama setelah itu, kami memasang link kisah itu disertai dengan beberapa kutipan ke Facebook. Kiriman itu menerima lebih dari 800 komentar. Dan yang mengejutkan, isinya diperdebatkan. Bagi banyak pembaca, reaksinya bukanlah pujian, melainkan skeptisisme. Beberapa komentator bahkan menyarankan bahwa Bieber tidak mengacu pada Yesus yang “nyata”, tetapi versi yang diciptakan oleh budaya pop. Ini adalah reaksi yang sama yang dihadapi banyak selebriti ketika mereka secara terbuka mendiskusikan iman, Kristus atau pandangan agama mereka sendiri.

Ironisnya, dalam wawancara yang sama, Bieber menyatakan keprihatinan bahwa ia akan dikaitkan dengan jenis orang Kristen yang lebih dikenal senang menghakimi dibanding kasih mereka.

Saya berpikir tentang orang Kristen yang malah menjadi batu sandungan. Misalnya, terlalu ambisius dengan subjek tertentu, terlalu munafik dan religius... Anda pernah menyalakan TV dan melihat acara gereja larut malam? Kadang-kadang acara itu seperti berkata, “lebih baik Anda melakukan ini atau Anda akan mati dan Anda terbakar di neraka!” Dan, saya tidak ingin berhubungan dengan Kristen jenis ini. Saya tidak religius. Saya secara pribadi, mengasihi Yesus dan Dialah sumber keselamatanku. Saya ingin berbagi apa yang saya alami dan apa yang saya rasakan dan saya pikir itu tidak boleh dikucilkan.

   Baca juga:

Berkat musik pop dan “kejenakaan” tabloid, Bieber menjadi tokoh budaya yang terpolarisasi. Ada saat-saat ketika dia melakukan hal-hal yang dianggap oleh sebagian orang sebagai nakal atau kekanak-kanakan. Dia secara terbuka mengakui itu. Bahwa dia tidak menjadi orang yang sempurna. “Saya datang ke industri musik di usia 13. Saya berusaha mempercayai orang-orang dan mereka mengkhianati kepercayaan saya di usia 15 ... Saya hanya melihat orang-orang penipu dan mengambil keuntungan dari saya. Bila Anda memiliki perspektif itu, cara Anda bertindak perubahan. Saya dahulu membenci semua orang. Lalu, saya mulai melakukan hal yang saya sukai sendiri. Saya masuk ke sedikit masalah—masalah yang dialami hampir semua orang di usia 20-an—hanya melakukan pemberontakan sedikit. Sekarang, di usia 21, saya mengenali diri saya sendiri karena ada beberapa orang yang tidak takut untuk memberi tahu saya apa yang sejati.”

Dia jujur ​​dan transparan. Beberapa orang Kristen mungkin terganggu dengan ucapan atau tindakannya yang tidak senonoh atau pilihan yang dia buat di masa lalu, tetapi dalam terang keinginan untuk hidup lebih seperti Kristus dan memeluk iman, hal-hal itu bukan masalah besar. Dia adalah orang yang tidak takut dengan yang dia rasakan; dia hanya berusaha jujur.

Masalah Menghakimi

Setiap kali pesohor membahas iman, ada kecenderungan beberapa orang Kristen untuk meneliti setiap keputusan yang mereka buat. Atau, memilih setiap kalimat yang telah mereka ucapkan untuk memastikan itu cocok dengan ide-ide kita sendiri tentang bagaimana seharusnya orang Kristen sejati. Dengan demikian, kita telah membuat standar yang tidak mungkin dicapai siapa pun. Tidak heran orang seperti Justin Bieber ingin merangkul Yesus, tapi ragu-ragu untuk terlalu dekat dengan gereja.

Campuran modern konsumerisme dan siklus media yang selalu hadir telah menginfeksi beberapa kalangan pemikiran Kristen dengan kebutuhan untuk menjadi skeptis dari apa pun yang berhubungan dengan iman mereka. Begitu banyak orang Kristen yang digunakan untuk dipasarkan ke hal-hal yang diberi label “Kristen,” bahwa filter teologi mereka terus terkunci pada pengaturan tertinggi.

Dorongan itu adalah untuk melindungi diri kita sendiri dan gereja dari hal-hal yang mungkin bisa mengalihkan perhatian kita ke cara berpikir yang tidak benar atau alkitabiah. Pada intinya, itu adalah tujuan mulia. Tapi, jika begitu skeptis dengan kita mengkritik setiap orang Kristen baru yang tidak terlihat atau bertindak persis seperti yang kita pikir, kita membiarkan kasih karunia dikalahkan oleh penghakiman.

Allah adalah orang yang akan memisahkan gandum dari sekam. Tugas kita adalah untuk fokus pada membawa panen.

Maka, saat kita mulai memutuskan apa dan siapa Kristen sejati, kita mulai berusaha menentukan siapa yang terlihat dan terdengar seperti salah satu dari kita Dan, itu bukan tugas kita. Keinginan untuk mendukung seseorang yang tulus untuk meniru Kristus, tidak harus dengan menilai segala sesuatu yang lain yang mereka katakan atau lakukan.

Memperluas Kasih Karunia

Ada alasan mengapa Tuhan berkata bahwa penghakiman adalah milik-Nya sendiri. Itu karena kita tidak bisa mengatasinya. Kita memiliki kecenderungan untuk melihat keadaan temporal, penampilan luar dan sesuai budaya tertentu. Allah melihat gambar yang berbeda. Dia melihat hati. Ia mengadili pada skala yang seimbang dengan penuh rahmat dan kasih.

Siapa yang tahu apa yang terjadi pada hati Justin Bieber atau selebriti siapa pun—atau orang tak terkenal dalam hal ini? Ini bukan tugas kita untuk membuat penilaian itu. Kita dipanggil untuk memperluas kasih karunia, mengajarkan kebenaran dan hidup yang berbicara.

Ini adalah konsep yang bahkan para Rasul pun mengalami kesulitan. Petrus terkenal bertanya kepada Yesus, “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku atau saudara perempuan yang berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali? “Tujuh kali tampaknya masuk akal, kan? Berapa banyak kesalahan yang orang lakukan sebelum kita yakin bisa menganggap mereka tidak layak atas pengampunan?

“Yesus menjawab, ‘Aku berkata kepadamu, bukan tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.’” Bagi Yesus, kasih karunia harus menjadi default. Jika seseorang ingin pengampunan, itu tugas kita untuk memberikan kepada mereka—tanpa pamrih. Alasan Yesus berkata agar kita tidak harus mengatakan “’Biarkan saya mengambil selumbar dari matamu,’ ketika ada balok di mata Anda sendiri,” karena ia memahami ironi besar dari sifat manusia: Meskipun kita semua memiliki ketidaksempurnaan, kita tidak bisa terhindar untuk menunjukkan kelemahan orang lain.

Pengertian vs. Keraguan

Di Kitab Filipi, Paulus mengatakan “Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus” (Flp 1:9,10). Kita bisa berdoa untuk pengertian dan pengetahuan, tapi begitu juga dengan kasih yang berlimpah. (relevantmagazine)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home