Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sotyati 11:09 WIB | Jumat, 10 Oktober 2014

KA Terpadu Bandara Soekarno-Hatta Hubungkan Terminal

Grand Design Soekarno Hatta International Airport. (Foto ilustrasi: id.wikipedia.org)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Jaringan kereta api terpadu yang sedang dibangun di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Banten, akan terhubung dengan seluruh terminal bandara internasional tersebut.

Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT Angkasa Pura II, Salahudin Rafi di Tangerang, Jumat (10/10), menjelaskan gedung stasiun KA terpadu akan terhubung dengan terminal-terminal dan intermoda secara terintegrasi.

Ia mengatakan stasiun kereta api yang dibangun itu merupakan gedung terpadu setinggi tujuh lantai, dilengkapi fasilitas parkir berkapasitas 20.000 lot mobil.

Nantinya, jalur KA Stasiun Tangerang terkoneksi dengan stasiun di Integrated Building Bandara Soekarno-Hatta, sehingga terminal (T)-1, T-2, T-3, dan gedung kargo akan terkoneksi, katanya.

Penumpang yang menggunakan jasa transportasi seperti kereta api, taksi, bus, dan moda lainnya, akan bertemu di integrated building.

"Di gedung itu nanti terdapat connecting transportation, yaitu automated people mover systems," kata Salahudin.

Upaya mengatasi berbagai permasalahan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, menurut pendapat Salahudin, tidak bisa parsial, melainkan harus secara komprehensif.

"Maka itu, upaya yang dilakukan adalah dengan penambahan sarana dan fasilitas serta penyediaan transportasinya," ujarnya.

Manajer Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta, Yudis Tiawan, mengatakan, pembangunan pengembangan Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat ini sudah mencapai 60 persen.

Pengembangan Terminal 3 meliputi penambahan Baggage Handling System (BHS) yakni pendistribusian tas bagasi yang lebih aman menggunakan sistem komputer. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home