Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 20:39 WIB | Rabu, 18 Februari 2015

Kadin Usulkan Kawasan Industri IKM Agro

Rifda Ammarina (Kiri) (Foto: Kemenperin.go.id)
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengusulkan pembangunan kawasan industri khusus Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang agro untuk menjaga ketahanan pangan dan membuka pasar bagi pelaku IKM.
 
"Terdapat beberapa manfaat jika IKM agro benar-benar dibangun. Karena seperti yang kami tahu IKM itu tidak mudah memperoleh pasar," kata Ketua Komite Tetap Akses Pasar Bidang UKM Kadin Rifda Ammarina di Jakarta, Rabu (18/2).
 
Menurutnya lokasi yang tepat untuk membangun kawasan industri IKM agro adalah di wilayah Jawa Barat, Karawang atau Bekasi. Dia menilai bahwa lahan di daerah tersebut sangat cocok untuk tanaman pangan.
 
Selain itu lokasi tersebut sangat ideal mengingat Jawa Barat merupakan konsumen terbesar dalam industri agro dan dinilai sebagai tempat yang strategis dan terintegrasi dengan seluruh lokasi lainnya di Pulau Jawa sehingga dapat menekan biaya logistik.
 
Rifda mengatakan IKM khusus agro yang nantinya akan dibangun lahan pertanian akan menjaga keberlangsungan produksi pangan sehingga tercipta stabilitas harga.
 
"Di IKM agro itu nanti akan dibangun pabrik pengolahan untuk produk-produk agribisnis. Misalnya cabai yang diekstrak atau diolah menjadi saus sambal. Sehingga menjadi nilai tambah" kata dia.
 
Rifda juga mengatakan bahwa akan meminta kepada pemerintah untuk menyediakan lahannya dan Kadin yang akan mengelola.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home