Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:23 WIB | Senin, 27 Februari 2023

AS Akan Bergabung dalam Maneuver Militer dengan Jerman di Polandia

Sebuah tank Leopard 2 menembak selama pelatihan tentara di pangkalan militer tentara Jerman Bundeswehr di Bergen, Jerman, 17 Oktober 2022. (Foto: dok. Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat sedang dalam pembicaraan dengan Jerman dan Polandia untuk mengadakan manuver militer bersama di Polandia sebagai tanggapan atas ancaman Rusia terhadap perbatasan timur aliansi NATO, kata Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius, hari Minggu (26/2).

Latihan sedang "dipertimbangkan", kata Pistorius kepada penyiar publik ARD, tanpa mengonfirmasi atau menambahkan detail apa pun "untuk saat ini".

Manuver militer di negara yang berbatasan dengan Ukraina, yang diserbu satu tahun lalu oleh Rusia, akan mengirimkan sinyal “sangat jelas” kepada sekutu NATO “tetapi juga kepada (Presiden Rusia Vladimir) Putin,” tambahnya.

NATO “jauh dari kelemahan yang diyakini (Putin) sejak lama,” kata Pistorius. “Ini jauh lebih kuat dan lebih bersatu daripada tahun lalu” sebelum serangan pasukan Rusia pada Februari 2022.

Meski begitu, “untuk negara-negara di Eropa timur, seperti Polandia, negara-negara Baltik, Slovakia, dan lainnya, penting untuk melihat bahwa Jerman sebagai anggota aliansi Eropa yang paling penting, dan AS sebagai mitra transatlantik, menjunjung tinggi kewajiban pertahanan mereka,” dia menambahkan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home