Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 21:02 WIB | Rabu, 16 September 2015

Kaos Merah Pendukung Pemerintah Malaysia Berunjuk Rasa

Kaos Merah Pendukung Pemerintah Malaysia Berunjuk Rasa
Meriam air digunakan Polisi Malaysia untuk membubarkan pengunjuk rasa yang ingin memasuki kawasan etnis Tiongkok. (Foto-foto: bbc.com)
Kaos Merah Pendukung Pemerintah Malaysia Berunjuk Rasa
Mayoritas pengunjuk rasa yang mengenakan kaos merah menggelar aksi secara damai.

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM - Ribuan warga Malaysia menggelar aksi unjuk rasa di ibu kota Kuala Lumpur untuk menyatakan dukungan kepada pemerintah, pada hari Rabu (16/9).

Sebagian besar pengunjuk rasa yang mengenakan kaos merah itu menggelar unjuk rasa secara damai di dekat gedung parlemen.

Ratusan orang ini, yang sebagian merupakan warga Melayu, berupaya memasuki kawasan yang didominasi etnis Tiongkok namun dicegah polisi, yang kemudian melepas tembakan gas air mata dan menggunakan meriam air.

Para pengunjuk rasa menuduh etnis Tiongkok menentang pemerintah dan terdengar pekik-pekik bernada rasis serta membawa spanduk yang mendukung pemerintah.

''Saya di sini untuk mempertahankan martabat dan dominasi Melayu. Kita tidak boleh membiarkan orang lain mengambil alih negara kami," tutur seorang pengunjuk rasa, Rahamah Abdul Majid, kepada kantor berita AP.

Unjuk rasa ini menyusul aksi dua minggu lalu oleh kelompok yang menuntut agar Perdana Menteri Najib Razak mengundurkan diri terkait dengan tuduhan terlibat skandal keuangan.

Sebelumnya, ribuan orang mengenakan kaos kuning pada akhir Agustus lalu turun ke jalan-jalan di Kuala Lumpur menuduh PM Najib Razak menerima US$700 juta 1MDB, sebuah lembaga yang dibentuk tahun 2009 untuk membuat Kuala Lumpur sebagai pusat keuangan.

PM Najib Razak telah menolak untuk mundur dan membantah tuduhan yang diajukan kepadanya. (bbc.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home