Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:31 WIB | Rabu, 22 Februari 2023

Kawasan Chernobyl Jadi Zona Latihan Perang Ukraina

Senapan mesin kaliber 50 M2 Browning dan peluncur granat Mk 19 tergeletak di tanah saat tentara Ukraina ikut serta dalam latihan militer yang mensimulasikan kemungkinan serangan di zona Chernobyl beberapa kilometer dari perbatasan dengan Belarusia, pada 20 Februari 2023. (Foto: AFP)

CHERNOBYL, SATUHARAPAN.COM - Terbengkalai sejak bencana nuklir terburuk di dunia pada tahun 1986, zona eksklusi di sekitar pembangkit listrik Chernobyl yang dinonaktifkan di Ukraina utara adalah salah satu tempat paling tidak ramah di planet ini. Tetapi bagi pasukan Ukraina yang melawan invasi pasukan Rusia, itu telah menjadi tempat pelatihan yang penting.

Ditutupi jaring kamuflase, sebuah truk tentara Ukraina yang dipasangi senjata anti pesawat menembus pohon-pohon telanjang di zona eksklusi, hanya 15 kilometer dari perbatasan Ukraina dengan Belarusia, sekutu Moskow.

Di dekatnya, sebuah tank yang membawa tentara Ukraina bergerak melintasi dataran di tepi hutan, bergerak di atas salju yang mencair. Dengan sinyal, sekelompok tentara melancarkan serangan latihan dan berjalan menuju hutan.

Banyak pria di sini bukan tentara profesional. Mereka dipanggil atau diputuskan untuk bergabung dengan tentara setelah Rusia menyerang Ukraina hampir setahun yang lalu. “Saya seorang guru matematika. Saya belum memiliki pelatihan militer,” kata Vasily, salah satu prajurit yang ikut serta dalam latihan tersebut.

Pada hari Rusia menginvasi, dia berkata dia tidak perlu berpikir dua kali sebelum mendaftar untuk berperang. “Pada tanggal 24, saya membereskan urusan saya dan pada tanggal 25 Februari, saya mendaftar untuk pertahanan teritorial,” tambahnya.

Dia mengatakan dia tidak ragu bahwa perbatasan Ukraina dengan Belarusia terdekat, sebuah negara bekas Uni Soviet yang tahun lalu mengizinkan pasukan Rusia untuk menggunakan wilayahnya sebagai landasan peluncuran untuk invasi, dijaga dengan aman. "Perbatasan kami dikunci dan tidak ada yang akan terbang lewat sini," kata Vasily.

Reaktor nomor empat Chernobyl meledak pada 26 April 1986, menyebabkan kecelakaan nuklir yang menewaskan ratusan orang dan menyebarkan kontaminasi radioaktif. Pabrik, di mana reaktor yang hancur disimpan di bawah sarkofagus beton dan timbal, sekarang dikelilingi oleh zona eksklusi sepanjang 30 kilometer.

Pembangkit listrik yang mati dengan cepat direbut oleh pasukan Rusia pada 24 Februari tahun lalu, hari pertama invasi. Rusia tetap memegang kendali selama beberapa pekan, memicu kekhawatiran akan kesejahteraan sekitar 100 teknisi yang bekerja di lokasi tersebut.

Sementara tentara Rusia telah ditarik dari pabrik, ancaman pasukannya yang ditempatkan tepat di seberang perbatasan di Belarusia masih ada. “Masih ada satu divisi pasukan yang terus berlatih di wilayah Belarusia,” kata Sergiy Nayev, seorang perwira tinggi tentara Ukraina.

“Tujuannya adalah untuk menghalau serangan musuh dari sisi Republik Belarusia dan mencegah pendaratan,” tambahnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home