Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:46 WIB | Rabu, 22 Februari 2023

Walaupun Terus Kalah, Putin Pertahankan Menhan Sergei Shoigu, Karena kesetiaannya

Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, menghadiri pembukaan Forum Teknis dan Militer Internasional Angkatan Darat 2022 di Taman Patriot di luar Moskow, Rusia, Senin, 15 Agustus 2022. (Foto: dok. AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Rusia telah melakukan tiga kali mundur yang memalukan di Ukraina dalam satu tahun terakhir dan hampir 200.000 anak buahnya tewas atau terluka menurut pejabat Amerika Serikat, tetapi menteri pertahanan Rusia masih menjalankan tugasnya berkat dukungan Presiden Vladimir Putin.

Menurut pejabat Barat, pengamat senior Kremlin, dan mantan komandan militer Barat, pemimpin Rusia itu memiliki berbagai alasan untuk mempertahankan jabatan Sergei Shoigu, 67 tahun, menurut pejabat Barat: dia sangat setia, membantu Putin menjadi presiden, dan pengambilan keputusan di Ukraina bukan tanggung jawabnya sendiri.

“Kesetiaan selalu mengalahkan kompetensi di lingkaran dalam Putin,” kata Andrew Weiss, spesialis Putin di wadah pemikir Carnegie Endowment yang memegang berbagai peran kebijakan di Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat dan telah menulis buku tentang Putin.

Putin telah mengakui secara terbuka bahwa dia merasa sulit untuk memecat orang dan biasanya menangani masalah seperti itu secara pribadi, kata Weiss.

"Beberapa orang di posisi senior, yang kinerja pekerjaannya banyak yang diinginkan, termasuk Shoigu, mendapat manfaat dari sisi sentimental kepribadian (Putin) yang kurang dihargai ini," katanya.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan untuk mengomentari Shoigu atau kinerjanya sendiri di Ukraina di mana pasukannya berusaha keras untuk merebut kota Bakhmut dan kota Vuhledar di Ukraina timur.

Orang Dalam Lingkaran Putin

Shoigu, seorang garis keras kasar yang dilatih sebagai insinyur sipil, telah memegang jabatan tinggi di struktur kekuasaan Rusia terus-menerus sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, dan menjabat sebagai menteri darurat di bawah mendiang presiden Boris Yeltsin.

Ditunjuk sebagai menteri pertahanan pada 2012, dia adalah bagian dari lingkaran dalam Putin dan telah menikmati liburan berburu dan memancing bersamanya di Siberia, daerah asalnya.

Tatiana Stanovaya, pendiri firma analisis R. Politik dan pengamat Kremlin yang memiliki koneksi yang baik, mengatakan bahwa Putin lebih suka bekerja dengan orang-orang yang dia kenal dengan baik terlepas dari kekurangan yang mungkin mereka miliki.

“Baginya, secara psikologis lebih mudah,” katanya, menunjuk ke profil Shoigu di mana dia menyoroti bahwa Shoigu pada tahun 1999 adalah salah satu pemimpin partai politik yang membantu mendorong Putin ke kursi kepresidenan.

“Sejak saat itu, Putin dalam beberapa hal berhutang budi kepada Shoigu,” kata Stanovaya dalam profil outlet online Riddle. "Yang terakhir dijamin mendapat tempat yang nyaman dalam politik Rusia - asalkan dia tidak melakukan kesalahan serius."

Bukan Pengambil Keputusan

Sebuah sumber yang dekat dengan otoritas Rusia yang menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media mengutip pepatah Rusia kuno untuk memberikan alasan lain mengapa mereka pikir Shoigu tidak mungkin diganti dalam waktu dekat.

“Anda tidak mengganti kuda di tengah perjalanan,” kata mereka, merujuk pada kebutuhan untuk memastikan kesinambungan di masa yang penuh gejolak. Tentara Rusia telah belajar dari kesalahannya dan berhasil beradaptasi, kata sumber itu.

Seorang diplomat senior NATO dan seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan mereka menganggap Putin dan para jenderalnya sebagai pembuat keputusan utama di Ukraina, bukan Shoigu.

Stanovaya mengatakan Shoigu fokus pada pengelolaan kementeriannya yang luas dan hubungannya dengan industri pertahanan, yang berarti tanggung jawab untuk serangan ke Ukraina dibagi. “Putin sendiri bekerja (di Ukraina) dengan para jenderal, tidak hanya dengan satu atau dua tokoh, dan terkadang terlibat dalam situasi (medan perang) di tingkat yang lebih rendah juga,” katanya.

Kepala Staf Umum, Valery Gerasimov, bulan lalu ditunjuk untuk menjalankan perang di Ukraina, dengan Sergei Surovikin, yang dijuluki "Jenderal Armageddon" oleh media Rusia, diturunkan pangkatnya menjadi wakil komandan operasi.

Keduanya, tidak seperti Shoigu, adalah perwira militer karier. Sergei Markov, mantan penasihat Kremlin, mengatakan Surovikin masih sangat terlibat di Ukraina meskipun dia diturunkan pangkatnya.

Serangkaian Kekalahan

Kremlin mengatakan akan mencapai tujuannya di Ukraina dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" dan telah menolak perkiraan Barat tentang korbannya sebagai dibesar-besarkan. Pasukan Rusia masih menguasai sekitar seperlima dari Ukraina dan dicurigai oleh Kiev bersiap untuk serangan baru yang besar.

Namun, invasi Rusia secara luas dianggap telah menyoroti militer Moskow, yang dipukul mundur dari Kiev, diarahkan ke timur laut Ukraina, kemudian dipaksa untuk menyerahkan kota selatan Kherson.

Yevgeny Prigozhin, pendiri kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, telah menjadi salah satu kritikus Shoigu yang paling berapi-api, mengklaim bahwa anak buahnya sendiri, yang telah mempelopori beberapa serangan di timur Ukraina, jauh lebih efektif daripada tentara reguler.

Prigozhin telah menghindari serangan pribadi dalam beberapa pekan terakhir sejak diminta untuk berhenti oleh Kremlin; dia sebelumnya menyebut petinggi tentara sebagai "bajingan" yang harus dikirim tanpa alas kaki ke front dengan senapan mesin.

Igor Girkin, mantan petugas Layanan Keamanan Federal yang membantu meluncurkan konflik pada tahun 2014 dengan pemberontakan separatis yang didukung Moskow dan berada di bawah sanksi Amerika Serikat, telah berulang kali mempertanyakan kompetensi Shoigu juga.

“Saya benar-benar ingin tahu kapan ... pemalas ini akhirnya akan diadili berjuang untuk cara dia 'mempersiapkan tentara kita untuk perang',” tulis Girkin di blognya bulan ini.

Ben Hodges, mantan komandan pasukan Angkatan Darat AS di Eropa, mengatakan kepada Reuters bahwa dia mengira Shoigu dan Gerasimov akan dipecat karena mereka tidak mengirimkan angkatan bersenjata “yang mampu melaksanakan tugas yang diberikan kepada mereka… Tidak ada jalan keluar dari kinerja yang buruk militer Rusia”.

Hodges dan Rupert Jones, seorang pensiunan mayor jenderal yang menjabat sebagai Asisten Kepala Staf Umum Inggris, menunjuk pada apa yang mereka katakan sebagai perencanaan awal, strategi, taktik, logistik, peralatan yang buruk dari tentara Rusia, serta drive mobilisasi yang gagal dan masalah korupsi.

“Tidak terbayangkan”, kata Jones, bahwa seorang menteri pertahanan Barat dapat mempertahankan pekerjaannya dalam keadaan seperti itu. “Dia akan dipecat, dia akan tersungkur karena dia akan melihat kegagalannya sendiri, atau media atau publik akan mencari darah,” katanya.

Terlepas dari kesalahan Moskow di Ukraina, Jack Watling, seorang peneliti senior di think-tank RUSI yang berbasis di London, mengatakan Shoigu telah “meningkatkan secara besar-besaran” kemampuan militer dan mengawasi operasi yang kompleks namun sukses sebelum Ukraina.

“Jadi tidak semuanya menggertak,” kata Watling. Tapi dia mengatakan Shoigu telah menjual terlalu banyak kekuatan baru tentara.

“Masalahnya adalah bahwa Putin dan (Kepala Staf Umum) Gerasimov tampaknya juga memercayai mitos-mitos itu dan memiliki perasaan yang sangat berlebihan terhadap kemampuan mereka sendiri.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home