Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:00 WIB | Rabu, 22 Februari 2023

Menlu AS: Invasi Rusia ke Ukraina Alami Kegagalan Strategis

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, duduk untuk Pertemuan Quad Transatlantik dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jerman dan Inggris pada Konferensi Keamanan Munich di Munich, Jerman, 18 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM -Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, pada hari Selasa (21/2)  menyebut invasi Rusia ke Ukraina sebagai "kegagalan strategis" karena Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji untuk "secara sistematis" melanjutkan serangan yang dimulai hampir setahun yang lalu.

“Satu tahun setelah Presiden Putin menyerang Ukraina. Jelas bahwa perangnya telah menjadi kegagalan strategis dalam segala hal,” kata Blinken di Athena pada penutupan perjalanan lima hari ke wilayah tersebut.  “Tidak ada yang menginginkan perang ini. Tidak ada yang menyukai perang ini. Semua orang ingin ini berakhir secepat mungkin,” kata Blinken.

“Jika kita membiarkan ini berlanjut dengan impunitas, maka kita akan membuka kotak Pandora di seluruh dunia di mana ada kemungkinan yang benar,” katanya.

Komentar Blinken muncul saat Putin menyampaikan pidato kenegaraan di Moskow, menyalahkan Barat atas eskalasi konflik Ukraina dan bersumpah untuk terus maju.

“Selangkah demi selangkah, kami akan dengan hati-hati dan sistematis menyelesaikan tujuan yang kami hadapi,” kata Putin menjelang peringatan satu tahun invasinya ke Ukraina.

Blinken pada hari Jumat menghadiri Konferensi Keamanan Munich sebelum terbang ke Turki yang dilanda gempa, di mana dia mengumumkan bantuan kemanusiaan sebesar US$100 juta. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home