Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 12:26 WIB | Jumat, 11 April 2014

Kebun Raya Cibodas Bangun Rumah Kantung Semar

Kebun Raya Cibodas Bangun Rumah Kantung Semar
Nephentes gymnamphora. (Foto: commons.wikimedia.org)
Kebun Raya Cibodas Bangun Rumah Kantung Semar
Nephentes alata sebagai tanaman gantung yang eksotik. (Foto: onlineplantguide.com)

CIBODAS, SATUHARAPAN.COM – Menandai ulang tahunnya yang ke-162 pada 11 April, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meresmikan Rumah Nepenthes. Nephentes adalah nama ilmiah kantung semar, jenis tumbuhan karnivora asli Indonesia.

Peresmian itu, seperti bisa dibaca di siaran pers tertanggal 10 April, dilakukan oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI Dr Siti Nuramaliati Prijono.

Kantung semar memiliki nilai konservasi sangat tinggi, sebab 37 persen kantung semar di dunia merupakan jenis yang terancam punah dengan sebaran sangat terbatas. Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas LIPI Agus Suhatman MP, mengungkapkan, habitat alami kantung semar merupakan kawasan dengan potensi alih fungsi hutan yang tinggi, seperti hutan sekunder, hutan rawa, dan hutan kerangas, sehingga kantung semar harus dilestarikan melalui konservasi ex-situ (di luar habitat aslinya, Red).

“Keberadaan Rumah Nepenthes memiliki keterwakilan jenis kantung semar dataran tinggi di Indonesia dan menjamin kelestarian kantung semar melalui berbagai upaya perbanyakan dan penelitian di Kebun Raya Cibodas,” Agus menjelaskan.

Agus menambahkan, pembangunan Rumah Nepenthes mulai dirintis sejak 2009. Pengoleksian dari alam tanaman berkantung itu dilakukan melalui kegiatan eksplorasi di sejumlah wilayah seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Sampai dengan saat ini terdapat 48 spesies dan 47 hibrida kantung semar di Rumah Nepenthes. Beberapa di antaranya jenis yang terancam punah menurut kategori IUCN Red List seperti Nepenthes villosa (vulnerable), N lowii (rare), N truncata, N murudensis, N talangensis, N khasiana (endangered), dan N aristolochioides, N dubia (critically endangered).

“Selain itu, juga terdapat jenis kantung semar yang memiliki nilai konservasi tinggi seperti N clipeata yang di alam jumlahnya sudah sangat berkurang akibat perdagangan tumbuhan,” ia menambahkan.

Sebagai bagian dari peresmian Rumah Nepenthes dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara UPT BKT Kebun Raya Cibodas LIPI dan Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia (KTKI). KTKI diwakili ketua hariannya, John Muhammad Rasuly Suaidy, sebagai pihak yang banyak berperan dalam mendatangkan berbagai jenis kantung semar dari penjuru Indonesia ke Kebun Raya Cibodas.

Ke depan, KTKI juga memiliki peran dalam pengelolaan Rumah Nepenthes. Di antaranya dalam bentuk pelatihan teknik perbanyakan, teknik perawatan, dan penyediaan sarana penunjang.

Rangkaian acara ulang tahun Kebun Raya Cibodas LIPI dilangsung pada Jumat (11/4) mulai pukul 07.30 WIB. Rangkaian acara itu dimeriahkan jalan sehat keliling Kebun Raya Cibodas yang dilaksanakan pada Sabtu (12/4). Pada hari itu, pengelola Kebun Raya Cibodas membebaskan biaya masuk kepada masyarakat umum. (lipi.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home