Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:36 WIB | Kamis, 05 Oktober 2023

Umat Kristen Protes Meningkatnya Pelecehan oleh Yahudi Ultra Ortodoks di Yerusalem

Umat Kristen Protes Meningkatnya Pelecehan oleh Yahudi Ultra Ortodoks di Yerusalem
Umat Yahudi berdoa selama pekan libur Yahudi Sukkot di salah satu gerbang Temple Mount di kota tua Yerusalem, hari Rabu (4/10). (Foto: AP/Ohad Zwigenberg)
Umat Kristen Protes Meningkatnya Pelecehan oleh Yahudi Ultra Ortodoks di Yerusalem
Para biarawati Kristen ortodoks memegang lilin dan bunga saat mereka berjalan dalam prosesi membawa ikon Perawan Maria ke makam tempat ia diyakini dimakamkan, di sepanjang jalan Kota Tua Yerusalem, pada 25 Agustus 2023. (Foto: dok. AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Sebuah video yang memperlihatkan orang-orang Yahudi ultra Ortodoks meludah ke tanah di samping prosesi umat Kristen asing yang membawa salib kayu di kota suci Yerusalem telah memicu kemarahan besar dan banyak kecaman di Tanah Suci.

Insiden meludah tersebut, yang dikeluhkan oleh komunitas Kristen minoritas di kota tersebut sebagai kejadian terbaru dalam gelombang serangan bermotif agama yang mengkhawatirkan, memicu kemarahan yang jarang terjadi pada hari Selasa (3/10) dari Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan pejabat senior lainnya.

Sejak pemerintahan paling konservatif Israel dalam sejarah berkuasa akhir tahun lalu, kekhawatiran meningkat di kalangan para pemimpin agama, termasuk Patriark Latin berpengaruh yang ditunjuk oleh Vatikan, atas meningkatnya pelecehan terhadap komunitas Kristen yang berusia 2.000 tahun di wilayah tersebut.

Banyak yang mengatakan pemerintah, dengan para pejabat ultranasionalisnya yang kuat, Menteri Keuangan, Bezalel Smotrich, dan Menteri Keamanan Nasional, Itamar Ben-Gvir, telah menguatkan ekstremis Yahudi dan menciptakan rasa impunitas.

“Apa yang terjadi dengan nasionalisme agama sayap kanan adalah bahwa identitas Yahudi telah berkembang di sekitar anti Kristen,” kata Yisca Harani, seorang pakar agama Kristen dan pendiri hotline Israel untuk serangan anti Kristen. “Bahkan jika pemerintah tidak mendorongnya, mereka mengisyaratkan tidak akan ada sanksi.”

Kekhawatiran atas meningkatnya intoleransi tampaknya melanggar komitmen Israel terhadap kebebasan beribadah dan kepercayaan suci terhadap tempat-tempat suci, yang tertuang dalam deklarasi yang menandai pendirian negara tersebut 75 tahun lalu. Israel merebut Yerusalem timur dalam perang tahun 1967 dan kemudian mencaploknya dalam sebuah tindakan yang tidak diakui secara internasional.

Terdapat sekitar 15.000 umat Kristen di Yerusalem saat ini, mayoritas dari mereka adalah warga Palestina yang menganggap diri mereka hidup di bawah penjajahan.

Kantor Netanyahu bersikeras pada hari Selasa (3/10) bahwa Israel “berkomitmen penuh untuk menjaga hak suci beribadah dan ziarah ke tempat suci semua agama.”

“Saya mengutuk keras segala upaya untuk mengintimidasi jamaah, dan saya berkomitmen untuk mengambil tindakan segera dan tegas terhadap hal tersebut,” katanya.

Adegan meludah tersebut, yang ditangkap pada hari Senin (2/10) oleh seorang reporter di surat kabar Haaretz yang berhaluan kiri Israel, menunjukkan sekelompok peziarah asing memulai prosesi mereka melalui labirin batu kapur di Kota Tua, rumah bagi tempat paling suci dalam Yudaisme, tempat suci ketiga dalam Islam, dan situs Kristen utama.

Mengangkat salib kayu raksasa, para pria dan wanita menelusuri rute Kota Tua yang mereka yakini diambil oleh Yesus Kristus sebelum penyalibannya. Sepanjang jalan, orang-orang Yahudi ultra Ortodoks yang mengenakan jas gelap dan topi hitam bertepi lebar melewati para peziarah melalui gang-gang sempit, sambil memegang daun palem ritual untuk hari raya Yahudi selama sepekan di Sukkot. Saat mereka lewat, setidaknya tujuh orang Yahudi ultra Ortodoks meludah ke tanah di samping kelompok tur Kristen tersebut.

Yang semakin memicu kemarahan, Elisha Yered, seorang pemimpin pemukim ultranasionalis dan mantan penasihat anggota parlemen dalam koalisi pemerintahan Netanyahu, membela orang yang meludah, dengan alasan bahwa meludahi pendeta Kristen dan gereja adalah “kebiasaan Yahudi kuno.”

“Mungkin karena pengaruh budaya Barat, kita agak lupa apa itu agama Kristen,” tulisnya di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. “Saya pikir jutaan orang Yahudi yang menderita di pengasingan akibat Perang Salib… tidak akan pernah lupa.”

Yered, yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan seorang warga Palestina berusia 19 tahun, masih menjadi tahanan rumah. Ketika video dan komentar Yered menyebar dengan cepat di media sosial, gelombang kecaman semakin meningkat. Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, mengatakan meludahi umat Kristen “tidak mewakili nilai-nilai Yahudi.”

Menteri Agama negara itu, Michael Malkieli, yang merupakan anggota partai ultra Ortodoks Shas, berpendapat bahwa meludah seperti itu “bukanlah cara Taurat.” Salah satu kepala rabi Israel bersikeras bahwa meludah tidak ada hubungannya dengan hukum Yahudi.

Aktivis yang mendokumentasikan serangan harian terhadap umat Kristen di Tanah Suci terkejut dengan gelombang perhatian pemerintah yang tiba-tiba.

“Serangan terhadap umat Kristen meningkat 100 persen tahun ini, dan tidak hanya meludah, tapi juga melempar batu dan merusak papan tanda,” kata Harani, sang pakar.

“Permisi,” tambahnya, berbicara kepada pihak berwenang Israel. “Tapi di mana kamu tadi?” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home