Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:55 WIB | Selasa, 09 Desember 2014

Kemendikbud Siapkan Orkestra Negara

Ilustrasi suasana ruang konser Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. (Foto: isi.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman menggelar Pergelaran Orkestra Nasional.

Pergelaran ini diadakan di ruang konser Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada Senin (8/12), dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan didampingi Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan.

Pergelaran memang sengaja digelar untuk mempersiapkan pembentukan  orkestra negara yang akan bersaing dengan orkestra internasional.

"Adanya orkestra ini dapat menjadi inspirasi bagi musisi Indonesia dalam mengekspresikan musik tradisional," kata Anies.

Acara yang berlangsung selama 60 menit ini menampilkan musikus senior Franki Raden dan Purwacaraka.

Franki dengan tim Indonesian National Orchestra (INO) menampilkan musik etnik tradisional Indonesia dengan komposisi alat musik perkusi, senar, dan instrumen angin yang terbuat dari kayu, bambu, dan bahan alami lainnya.

Sementara itu, Purwacaraka dengan tim SMKN 2 (Sekolah Menengah Musik) Yogyakarta juga menyuguhkan penampilan orkestra dan paduan suara.

Mendikbud berharap Pergelaran Orkestra Nasional ini dapat membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkarya. (kemdiknas.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home