Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 17:54 WIB | Selasa, 02 Januari 2024

Kemenlu Imbau WNI di Jepang Tetap Waspada Dampak Gempa

Rumah-rumah yang ambruk akibat gempa bumi di Perfektur Ashikawa, Jepang, hari Selasa (2/1). (Foto: Kyodo News, via AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Tokyo dan KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Osaka mengeluarkan imbauan agar masyarakat WNI (warga negara Indonesia) tetap waspada atas gempa susulan dan tsunami dan selalu memantau informasi dan arahan otoritas setempat.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo sekitar 7.4 melanda prefektur Ishikawa, Jepang pada tanggal 1 Januari 2024 pada pukul 16:10 JST atau 14:10 WIB.

Gempa juga dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita. Gempa telah menyebabkan gelombang tsunami di beberapa wilayah.

Kemlu saat ini sedang berkoordinasi dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka untuk mengetahui dampak gempa dan tsunami. KBRI dan KJRI tengah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan simpul masyarakat Indonesia. Sistem lapor diri KBRI Tokyo mencatat terdapat 1.315 WNI yang menetap di Prefektur Ishikawa.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengaktifkan nomor hotline untuk situasi darurat sebagai berikut: KBRI Tokyo:+818035068612 dan KJRI Osaka: +818031131003.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home