Loading...
SAINS
Penulis: Prasasta 16:32 WIB | Sabtu, 13 Juli 2013

Kementerian Kesehatan Arab Saudi: Jamaah Umrah dan Haji Wajib Pakai Masker

Kementerian Kesehatan Arab Saudi: Jamaah Umrah dan Haji Wajib Pakai Masker
Penggunaan masker di Arab Saudi (foto : cbc.ca).
Kementerian Kesehatan Arab Saudi: Jamaah Umrah dan Haji Wajib Pakai Masker
Abdullah Bin Azrabiyah, Menteri Kesehatan Arab Saudi (foto: saudipresseagency.com).

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Arab Saudi meminta jemaah umrah yang datang dari seluruh dunia agar mengenakan masker di tempat-tempat ramai, menurut Saudi Press Agency rekomendasi ini yang dikeluarkan  Departemen Kesehatan Arab Saudi pada Jumat (12/7) itu juga menyarankan mereka yang berusia lanjut, atau berpenyakit kronis, agar menunda ibadah ke tanah suci.

Menteri Kesehatan Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz Al Rabiah, mengatakan bahwa ini karena  negara ini menjadi pusat penularan virus baru yang mengganggu pernafasan, menurut catatan Kementerian Kesehatan Arab Saudi, ratusan ribu orang juga mengunjungi tempat-tempat suci di Kerajaan Arab Saudi pada bulan Ramadan.

Arab Saudi mengumumkan dua kematian pada hari  Minggu (7/7), sehingga keseluruhan kasus kematian menjadi 38 orang di kerajaan itu.
Virus baru itu dinamakan Korona MERS (MERS-CoV), termasuk keluarga virus yang paling sering menyebabkan flu biasa.

Khalid Al-Mirghalani selaku juru bicara Kementerian Kesehatan mengatakan masker ini diwajibkan tidak hanya pada haji saat ini saja, tetapi juga pada saat umrah juga.

 “Aturan baru tentang penggunaan masker ini segera diterapkan pada musim Haji mendatang dan juga pada setiap peserta Umrah,”  demikian ditegaskan Khalid Al-Mirghalani.

Pihaknya mengatakan bahwa negara Arab Saudi akan tegas terhadap hal ini, dan telah disosialisasikan kepada Menteri Luar Negeri Arab Saudi juga.

Selain itu Pemerintah Saudi tidak akan memberikan visa haji dan umrah bagi orang lanjut usia yang terkena penyakit kronis semacam diabetes, jantung, lambung dan paru-paru.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home