Loading...
DUNIA
Penulis: Elvis Sendouw 14:37 WIB | Jumat, 26 September 2014

Komandan AS: 1000 Orang Asia Masuk NIIS

Laksamana Samuel Locklear. (Foto: patdollard.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Sekitar 1.000 sukarelawan dari kawasan Asia-Pasifik berusaha untuk masuk kelompok yang menamakan diri NIIS (Negara Islam Irak dan Suriah), kata perwira militer senior Amerika Serikat, Kamis (25/9).

Laksamana Samuel Locklear, yang mengawasi pasukan Amerika di seluruh Asia sebagai kepala Komando Pasifik, menyampaikan perkiraannya sehari setelah AS mendesak resolusi yang membuat negara-negara adidaya memblokir pergerakan pejuang asing ke Irak dan Suriah.

“Itu sudah pasti merupakan masalah yang kami perhatikan dengan saksama sampai hari ini,” kata Locklear dalam sebuah konferensi pers di Washington.

“Mungkin ada sekitar 1.000 orang yang ingin jadi pejuang yang sudah pergi dari kawasan ini, berdasarkan dari seluruh penilaian kami.”

“Jumlahnya bisa terus bertambah seiring waktu berjalan, tapi yang pasti itulah ukuran atau kekuatan yang kami perkirakan saat ini,” katanya.

Locklear juga mengatakan perluasan serangan udara melawan kelompok NIIS di Irak dan Suriah tidak berarti “penyeimbangan kembali” AS di Asia-Pasifik akan mundur, mengatakan bahwa militer Amerika akan terus mencoba mewujudkan rencananya memperkuat keberadaan mereka dan hubungan pertahanan di wilayah itu. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home