Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:53 WIB | Kamis, 14 Mei 2015

Kondisi Memprihatinkan, Pasar Blok A akan Direvitalisasi

Pasar Blok A akan direvitalisasi. Pedagang pun direlokasi dari Pasar Blok A ke Taman Sambas. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kondisi sejumlah bangunan pasar tradisional di DKI Jakarta cukup memprihatinkan. Keprihatinan ini kemudian ditanggapi oleh PD Pasar Jaya dengan rencananya merevitalisasi sejumlah pasar di DKI. Revitalisasi dilakukan agar pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern lainnya.

Penambahan beragam fasilitas di pasar tradisional pun direncanakan akan ditambah agar tak kalah dengan pasar modern.

Menurut Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemkot Administrasi Jakarta Selatan, Tri Wahyuningdyah, salah satu pasar yang akan direvitalisasi adalah Pasar Blok A yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati Raya, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pasar yang diresmikan sejak 1971 ini dinilai sudah tidak layak digunakan sebagai tempat transaksi jual beli.

Dikatakan Tri, seluruh pedagang Pasar Blok A akan direlokasi ke tempat penampungan sementara di Taman Sambas. Saat ini tercatat ada 633 pedagang di Pasar Blok A.

"Iya kita berikan tempat penampungan sementara di Taman Sambas. Itu kan tidak permanen nanti dikembalikan lagi," ujar Tri pada Kamis (14/5).

Proses pembangunan tempat penampungan sementara masih berlangsung. Rangka atap dari penampungan itu terbuat dari besi baja. Sementara lapak-lapak pedagang akan dibuat dari papan.

Sementara itu, Manajer Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun menjelaskan revitalisasi Pasar Blok A memiliki konsep mix used development. Artinya, pasar tidak hanya untuk transaksi jual beli, namun ditunjang beberapa fasilitas lain seperti hotel dan terintegrasi dengan MRT. Penggunaan konsep ini karena kawasan Kebayoran Baru dikenal sebagai pusat niaga.

”Perkembangan revitalisasi Pasar Blok A masih dalam tahap pembangunan TPS di Taman Sambas. Target kita memang akhir Mei ini, TPS sudah rampung dikerjakan,” ungkap Agus. (beritajakarta)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home