Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:01 WIB | Selasa, 15 Oktober 2013

Kualifikasi Piala Asia, Gol Boaz Selamatkan Indonesia dari Terkaman China

Tim nasional Indonesia. (Foto: timnasgaruda.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Boaz Salossa yang memperkuat Persipura Jayapura menjadi penyelamat penting kesebelasan Indonesia atas tamunya, China dalam pertandingan sepakbola Kualifikasi Piala Asia 2015 yang berlangsung Selasa (15/10) malam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Indonesia harus puas bermain 1-1 dengan China, tim tamu yang berjuluk negeri Tirai Bambu itu malah sempat mengendurkan semangat tim merah putih karena berhasil mencetak gol terlebihi dahulu di babak pertama.

Gol yang dicetak Boaz pada menit ke-67 menyamakan kedudukan bagi Indonesia sehingga skor berakhir 1-1.

Sebelumnya Indonesia tertinggal 0-1 di babak pertama lantaran punggawa Tirai Bambu, Wu Xi berhasil membobol gawang tim Garuda di menit 36.

Sepanjang babak pertama, dalam suasana stadion sepi karena ketidakhadiran pemain kedua belas atau penonton, serangan lebih banyak dikendalikan negeri Tirai Bambu.

Terbukti pada menit 36, dimana China membuka gol, berawal dari terobosan di sisi kiri pertahanan Garuda, saat bola dikuasai gelandang China, Yu Dabao yang sukses melepaskan diri dari kawalan Victor Igbonefo untuk menyodorkan bola yang diselesaikan Wu Xi di depan mulut gawang Indonesia yang dijaga, I Made Wirawan.

Pada babak kedua China masih sering mengancam dan nyaris tidak memberi kesempatan Indonesia, pada menit ke-53, salah satu gelandang China, Feng Xiaoting nyaris menggandakan keunggulan andai saja sepakannya tidak membentur mistar gawang Made Wirawan.

Jacksen Tiago memberi semangat anak buahnya dari pinggir lapangan, dan beberapa menit kemudian terbukti dengan pergerakan Greg Nwokolo yang mampu melewati hadangan beberapa pemain China, sayang tembakannya masih belum mampu menemui sasaran.

Beberapa menit kemudian Indonesia mulai bersemangat namun tetap berhati-hati, sehingga mudah menciptakan peluang salah satunya menit ke-60, pemain naturalisasi dari Belanda, Raphael Maitimo memberikan terobosan kepada Tibo, sayang striker Semen Padang itu berada pada posisi offside.

Gol penyeimbang Indonesia lahir pada menit ke-68, bola sodoran melambung gelandang Indonesia, Bustomi dengan kepala berhasil dimaksimalkan oleh penyerang Indonesia, Boaz Salossa untuk menyamakan kedudukan dengan sepakan kerasnya, kedudukan imbang 1-1.

Sayangnya setelah gol itu, serangan-serangan yang dibangun anak-anak Indonesia terkesan sporadis, mudah dipatahkan barisan belakang China.

Menit 74, Vendry Mofu menerima kartu kuning setelah melanggar pergerakan cepat Zheng Zhi di lini tengah permainan. 

Pada detik-detik akhir pertandingan Indonesia nyaris meraih kemenangan pertama di Grup C ini setelah Greg Nwokolo berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang China, Zeng Cheng, tetapi bola sepakannya berhasil ditepis.

Hingga tiga menit tambahan waktu tidak ada gol tercipta, kedua tim harus puas dengan raihan satu angka ini.

Dengan hasil imbang ini tim Garuda yang diarsiteki oleh Jacksen F. Tiago meraih poin pertama dari tiga kali pertandingan dan masih berada di posisi buncit Grup C.

Susunan pemain :

Indonesia:Made, Tinus Pae, M.Roby, Igbonefo, Sanadi, Maitimo, Bustomi, Taufiq, Slamet Nurcahyo, Greg, Boaz.

China: Yu Dabao, Zhang Xizhe, Wang Yongpo , Wu Lei, Zheng Zhi, Yang Hao, Sun Xiang, Du Wei, Liu Jianye, Wu Xi, Zeng Cheng (goal.com/bola.net/timnasgaruda.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home