Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:17 WIB | Sabtu, 12 Oktober 2013

Kualifikasi Piala Dunia: Jerman Kokoh di Grup C, Bantai Irlandia

Kualifikasi Piala Dunia: Jerman Kokoh di Grup C, Bantai Irlandia
Robert Doyle, gelandang Irlandia (kaus hijau) mencoba menguasai bola walau hendak direbut Toni Kroos, kaus putih (foto-foto: fifa.com)
Kualifikasi Piala Dunia: Jerman Kokoh di Grup C, Bantai Irlandia
Phillip Lahm (kaus putih) berebut bola dengan Robert Doyle (kaus hijau) dari Irlandia.

KOLN, SATUHARAPAN.COM – Tim nasional Jerman memantapkan posisi teratas pada Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa Grup C, hasil ini mereka dapatkan setelah membantai Irlandia tiga gol tanpa balas, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Rhein Energie, Koln, Sabtu (12/10) dini hari WIB.

Bek kanan Jerman, Phillip Lahm memiliki peluang pertama menghasilkan gol bagi tim Jerman, berawal saat dia memberikan bola kepada rekannya, Mesut Ozil, tetapi tendangan Ozil masih melebar dari gawang Irlandia.

Selang enam menit, Philipp Lahm kembali melahirkan peluang. Gol tidak murni dari serangan para pemain Jerman, melainkan dari kesalahan barisan pertahanan Irlandia yang justru kehilangan bola dengan mudah. Lahm yang berada posisi tepat pun langsung menyodorkan bola ke rekannya, Sami Khedira yang langsung menceploskan bola ke gawang David Forde.

Irlandia hanya mampu menghasilkan satu peluang emas pada babak pertama, bola hasil sundulan Ciaran Clark masih membentur mistar gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer. Jerman menggandakan keunggulan pada menit ke-60.

Gol bermula dari dribbling dan kombinasi umpan-umpan pendek beberapa pemain Jerman ulai dari Ozil, Muller hingga ke Toni Kroos. 

Gelandang Toni Kroos mengecoh pertahanan Irlandia dan memberikan umpan ke gelandang muda Jerman yang bermain di Chelsea, Schurrle yang dengan mudah menggulirkan bola ke jala Irlandia. Skor 2-0 untuk Jerman.

Republik Irlandia hampi memperkecil ketertinggalan lewat Seamus Coleman. Sayang terjangannya mampu ditepis Neuer. Bola muntah yang bergulir ke depan McCarthy setelahnya pun masih bisa diselamatkan oleh kiper Bayern ini.

Jelang peluit panjang, giliran gelandang Jerman yang bermain di Arsenal, Ozil mencetak gol. Serangan balik cepat Der Panzer yang diarsiteki oleh Schweinsteiger mampu dimanfaatkan gelandang Arsenal ini. Ozil pun dengan tenang menaklukkan Forde yang berjaga di bawah gawang Irlandia. Dengan kemenangan tersebut, Jerman sukses mengantongi tiga poin, memuncaki klasemen Grup C.

Susunan Pemain:

Jerman: Neuer, Lahm, Mertesacker, Boateng, Jansen, Khedira, Schweinsteiger, Kroos, Ozil, Schurrle, Muller.

Irlandia Utara: Forde, Coleman, Delaney, Kelly, Clark, Whelan, Gibson, McCarthy, Wilson, Doyle, Stokes.

Hasil lainnya: Armenia 2-1 Bulgaria, Lituania 2-0 Latvia, Moldova 3-0 San Marino, Kroasia 1-2 Belgia, Azerbaijan 2-0 Irlandia Utara, Kep. Faroe 1-1 Kazakstan, Malta 1-4 Rep. Ceko, Bosnia Herzegovina 4-1 Liechtenstein, Ukraina 1-0 Polandia, Denmark 2-2 Italia, Albania 1-2 Swiss,  Luksemburg 0-4 Rusia, Andorra 0-4 Rumania, Estonia 0-2 Turki, Belanda 8-1 Hungaria,  Swedia 2-1 Austria, Yunani 1-0 Slowakia,  Slovenia  3-0 Norwegia, Eslandia 2-0 Siprus, Wales 1-0 Masedonia, Spanyol 2-1 Belarusia (fifa.com/goal.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home