Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:50 WIB | Rabu, 16 Oktober 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan, Uruguay Hadang Argentina

Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan, Uruguay Hadang Argentina
Jorge Fucile (no.9, Uruguay) menggiring bola melewati hadangan Augusto Matias Fernandez. (foto-foto: fifa.com)
Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan, Uruguay Hadang Argentina
Maxi Rodriguez (no.18, Argentina) menyaksikan Luis Suarez dari Uruguay (kanan, kaus biru) berhasil mencetak gol.
Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan, Uruguay Hadang Argentina
Edinson Cavani berhasil mencetak bola ke gawang Argentina yang sudah kosong melempong.

MONTEVIDEO, SATUHARAPAN.COM – Pertandingan antara Uruguay dan Argentina selaku pertandingan terakhir dari Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan berakhir dengan kemenangan 3-2 bagi tuan rumah Uruguay, pada pertandingan yang digelar Rabu (16/10) pagi di Stadion Centenario, Montevideo, Uruguay.

Beberapa kesempatan emas datang bagi Uruguay dan Argentina, dan pertandingan berlangsung sangat terbuka pada babak pertama sehingga kedua kesebelasan berhasil mencetak dua gol.

Argentina dalam pertandingan yang sangat terbuka ini dipaksa dua kali mengejar ketertinggalan, saat mereka tertinggal 0-1 dan 1-2 dari tuan rumah Uruguay.

Uruguay mengambil keunggulan saat pertandingan memasuki menit keenam melalui gelandang Cristian Rodriguez menerima bola menyilang yang sebelumnya dieksekusi Luis Suarez dari sisi kiri pertahanan Argentina.

Penyerang Atletico Madrid ini menendang bola dengan kaki kiri dan langsung melabrak jala sebelah kiri gawang Argentina, dan penjaga gawang Sergio Romero kalah cepat, sehingga skor berubah menjadi 1-0.  

Keunggulan Uruguay hanya berlangsung sembilan menit, nama yang lain Rodriguez yang lain di kubu Argentina, Maxi Rodriguez berhasil menyamakan kedudukan sembilan menit kemudian.   

Kerja keras gelandang Rodrigo Palacio, dari sisi kiri penyerangan Argentina berhasil menyebrangkan bola ke rekannya Augusto Fernandez yang ada di sebelah kanan, dan bola langsung diterima dengan dada oleh Augusto  Fernandez kemudian bola tersebut sebenarnya ingin diambil kendali oleh Fernandez, tetapi Maxi Rodriguez lebih gesit dan berinisiatif untuk menendang bola sehingga menjebol gawang Uruguay yang dijaga Fernando Muslera, 1-1.   

Sergio Romero dipaksa bekerja keras mencegah Edinson Cavani mencetak gol sebelum akhirnya Sergio Romero secara tidak sengaja menjatuhkan Cavani, wasit memberi hadiah penalti bagi Uruguay. Suarez dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut, meskipun Romero menjatuhkan diri ke kanan untuk menyelamatkan bola tetapi laju bola tendangan Suarez lebih cepat dan merubah skor menjadi 2-1 bagi Uruguay.

Argentina membatalkan keunggulan Uruguay tersebut, setelah Maxi Rodriguez sendirian menggiring bola dari kiri pertahanan uruguay melewati beberapa pemain gelandang Uruguay, J. Fucile, M. Pereira, dan D. Godín.  

Kombinasi antara Suarez dan Cavani membantu Uruguay memimpin 3-2 di menit ke-49.

Suarez menggiring bola setelah menerima umpan tarik dari Diego Perez, ke sebelah kanan pertahanan Argentina. Suarez berhasil memaksa dua bek Argentina, Dominguez dan Basanta untuk keluar dari pertahanannya, dan dengan cerdik Luis Suarez melepaskan umpan yang tidak tertahan keduanya, bola tersebut langsung dimanfaatkan oleh Cavani yang datang dari arah kiri pertahanan Argentina, bola tersebut langsung dimanfaatkan penyerang yang bermain di klub Paris Saint Germain, Prancis tersebut dan skor berubah menjadi 3-2 di awal babak kedua tersebut.

Uruguay gagal menambah keunggulan, setelah tendangan Christian Stuani membentur tiang, setelah sebelumnya mendapat bola umpan sodoran dari Cristian Rodriguez pada menit ke-67, dan gol lagi akan tercipta bagi Uruguay apabila tendangan Luis Suarez tidak menyamping di sisi gawang Argentina.

Dengan kemenangan atas Argentina tersebut, Uruguay masih belum cukup untuk langsung lolos ke Piala Dunia tahun mendatang karena mereka hanya berada pada posisi lima klasemen Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan, sementara peringkat 1 hingga empat diduduki Argentina, Kolombia, Chile, Ekuador, selanjutnya Uruguay. Karena berada pada peringkat lima maka mereka diharuskan menjalani pertandingan playoff melawan wakil Zona Asia, Yordania pada November mendatang.  

Hasil pertandingan lain: Paraguay 1-2 Colombia, Chile 2-1 Ecuador, Peru 1-1 Bolivia

Klasemen Akhir Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan

1. Argentina 16      9        5        2        35      15      +20    32     

2. Kolombia  16      9        3        4        27      13      +14    30               

3. Chile        16      9        1        6        29      25      +4      28               

4. Ekuador   16      7        4        5        20      16      +4      25     

5. Uruguay   16      7        4        5        25      25      +0      25               

6. Venezuela 16     5        5        6        14      20      -6       20               

7. Peru        16      4        3        9        17      26      -9       15               

8. Bolivia     16      2        6        8        17      30      -13     12     

9. Paraguay 16      3        3        10      17      31      -14     12               

Hasil Kualifikasi Zona Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia : Jamaika 2-2 Honduras, Panama 2-3 Amerika Serikat, Kosta Rika 2-1 Meksiko.

Klasemen Akhir Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia:

1. Amerika Serikat 10      7        1        2        15      8        +7      22               

2. Kosta Rica         10      5        3        2        13      7        +6      18     

3. Honduras           10      4        3        3        13      12      +1      15               

4. Mexico               10      2        5        3        7        9        -2       11     

5. Panama             10      1        5        4        10      14      -4       8                

6. Jamaica             10      0        5        5        5        13      -8       5 (bleacherreport.com/soccerway.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home