Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 08:02 WIB | Sabtu, 07 September 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Spanyol Gemilang, Libas Finlandia 2-0

Pergerakan Jordi Alba (Spanyol, kaus merah) dihalangi Tainio (Finlandia, kaus putih) (foto-foto: fifa.com)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM - Juara bertahan Piala Dunia 2010, Spanyol masih berada di posisi teratas Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa Grup I, setelah mengalahkan tuan rumah Finlandia 0-2 di Stadion Olimpiade, Helsinki, Jumat (6/9).

Hasil ini menjadikan langkah mereka ringan menjelang menuju Piala Dunia 2014 di Brasil mendatang, apalagi di pertandingan lain, peringkat kedua Grup I, Prancis gagal meraih kemenangan di kandang Georgia. Spanyol harus memetik tiga poin penuh jika tidak ingin posisi mereka di puncak klasemen digeser oleh runner-up Prancis. Finlandia memastikan sang juara bertahan tidak meraih kemenangan dengan mudah.

Spanyol unggul dalam penguasaan bola, namun Finlandia terlebih dahulu mendapat peluang emas, ketika pemain belakang Spanyol, ketika Sergio Ramos nyaris melakukan blunder fatal di menit 10 saat dirinya menjaga pergerakan penyerang Finlandia, Teemu Pukki.
Intersepsi bek Real Madrid tanpa disangka mengarah ke gawang Iker Casillas dan nyaris membawa Finlandia unggul.

Beruntung, penjaga gawang Spanyol yang juga penjaga gawang Real Madrid, Casillas bereaksi cepat dan membuang bola lewat sepakan kakinya. Tidak lama kemudian, tuan rumah kembali mengancam Spanyol lewat pergerakan gelandang Finlandia, Teemu Tainio yang melepaskan umpan cantik kepada Pukki. Sayang, penyelesaian akhir Pukki masih melenceng dari sasaran.

Memasuki menit 18, Finlandia justru harus kebobolan 0-1, kerjasama di sisi kanan pertahanan Finlandia antara dua pemain Spanyol yang bermain di Barcelona, Cesc Fabregas dan Jordi Alba dimanfaatkan dengan baik menjadi gol oleh Jordi Alba.

Fabregas melepaskan umpan brilian melewati para pemain bertahan Finlandia untuk Jordi Alba yang lalu merangsek ke kotak penalti. Alba pun tidak menemui kesulitan dalam mengecoh penjaga gawang Niki Maenpaa sebelum mencetak gol lewat kaki kanannya. Alhasil keunggulan 1-0 Spanyol tidak berubah hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Kerja sama  dua gelandang Spanyol, El Guaje dan Iniesta memberikan peluang emas bagi Spanyol untuk menambah keunggulan. Namun, penyerang spanyol, David Villa belum bisa mengonversikan umpan Iniesta menjadi gol.

Tim tuan rumah mendapat dua peluang emas ketika pertandingan memasuki menit 63. Pendukung Spanyol bisa bernapas lega ketika tandukan Tainio menyambut sepak pojok gelandang Finlandia, Roman Eremenko bersarang di sisi gawang Casillas.

Sementara, dua menit berselang, kerjasama penyerang Finlandia, Alexander Ring dan gelandang, Petri Pasanen berhasil membongkar pertahanan tim Matador, akan tetapi kedua tendangan tersebut berhasil ditahan Iker Casillas.

Penyerang Spanyol, Alvaro Negredo masuk ke lapangan menggantikan gelandang Cesc Fabregas pada menit ke-71, dan Spanyol semakin agresif, walau bermain di kandang Finlandia.

Hanya beberapa menit setelah dimainkan, Negredo langsung menebar ancaman ke kubu tuan rumah lewat peluangnya setelah menyambut umpan dari Xavi. Beruntung bagi Finlandia, Pasanen bereaksi cepat untuk membendung tendangan penyerang Spanyol yang bermain di Manchester City tersebut.

Finlandia akhirnya harus menyerah ketika gol telat Negredo di menit 86 memastikan raihan tiga angka untuk Spanyol.

Kemenangan ini membuat Spanyol semakin perkasa di puncak klasemen Grup I dengan raihan nilai 14. Sementara itu, Finlandia masih bercokol di posisi tiga dengan raihan nilai enam, atau terpaut lima angka dari Prancis.

Susunan Pemain:

Spanyol: Casillas, Koke, Albiol, Sergio, Alba, Mario Suarez, Xavi, Iniesta, Villa, Cesc, Pedro.

Finlandia: Pukki, Ring, Schüller, Eremenko, Arkivuo, Tainio, Halsti, Toivio, Moisander, Pasanen, Mäenpää (goal.com/ afp.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home