Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:13 WIB | Kamis, 11 Agustus 2022

Ledakan Besar Terjadi di Pangkalan Udara Rusia di Krimea

Asap mengepul terlihat dari pantai di Saky setelah ledakan terdengar dari arah pangkalan udara militer Rusia di dekat Novofedorivka, Krimea, hari Selasa 9 Agustus 2022. Ledakan amunisi itu menyebabkan kebakaran di pangkalan udara militer di wilayah yang dicaplok Rusia, Krimea Selasa tetapi tidak ada korban atau kerusakan pada pesawat-pesawat tempur yang ditempatkan, kata Kementerian Pertahanan Rusia. (Foto: UGC via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ledakan dahsyat mengguncang pangkalan udara Rusia di Krimea dan mengirimkan awan asap yang menjulang ke atas lanskap pada hari Selasa (9/8), yang mungkin menandai eskalasi perang di Ukraina. Setidaknya satu orang tewas dan beberapa lainnya terluka, kata pihak berwenang.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah pangkalan Saki di Laut Hitam telah ditembaki dan sebaliknya mengatakan bahwa amunisi telah diledakkan di sana. Tetapi jejaring sosial Ukraina dipenuhi dengan spekulasi bahwa itu terkena rudal jarak jauh yang ditembakkan Ukraina.

Video yang diposting di jejaring sosial menunjukkan orang-orang yang berjemur di pantai terdekat melarikan diri ketika api besar dan pilar asap membubung di cakrawala dari berbagai titik, disertai dengan ledakan keras. Crimea Today News mengatakan di Telegram bahwa para saksi melaporkan kebakaran di landasan pacu dan kerusakan pada rumah-rumah di dekatnya sebagai akibat dari apa yang dikatakannya sebagai lusinan ledakan.

Kantor berita negara Rusia, TASS, mengutip sumber kementerian yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan penyebab utama ledakan itu tampaknya adalah "pelanggaran persyaratan keselamatan kebakaran." Kementerian mengatakan tidak ada pesawat tempur yang rusak.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan dengan sinis di Facebook: "Kementerian Pertahanan Ukraina tidak dapat menetapkan penyebab kebakaran, tetapi sekali lagi mengingat aturan keselamatan kebakaran dan larangan merokok di tempat yang tidak ditentukan."

Seorang penasihat presiden, Oleksiy Arestovych, mengatakan dengan samar dalam wawancara online regulernya bahwa ledakan itu disebabkan oleh senjata jarak jauh buatan Ukraina atau pekerjaan partisan yang beroperasi di Krimea.

Selama perang, Rusia telah melaporkan banyak kebakaran dan ledakan di tempat penyimpanan amunisi di wilayahnya dekat perbatasan Ukraina, menyalahkan beberapa dari mereka pada serangan Ukraina. Pihak berwenang Ukraina sebagian besar tetap bungkam tentang insiden tersebut.

Jika pasukan Ukraina, pada kenyataannya, bertanggung jawab atas ledakan di pangkalan udara, itu akan menjadi serangan besar pertama yang diketahui di situs militer Rusia di Semenanjung Krimea, yang dicaplok Kremlin pada tahun 2014. Sebuah ledakan kecil bulan lalu di markas Armada Laut Hitam Rusia di pelabuhan Sevastopol, Krimea, disalahkan pada penyabot Ukraina menggunakan drone darurat.

Pesawat-pesawat tempur Rusia telah menggunakan pangkalan Saki untuk menyerang daerah-daerah di selatan Ukraina dalam waktu singkat.

Satu orang tewas, kata pemimpin regional Krimea, Sergei Aksyonov. Otoritas kesehatan Krimea mengatakan sembilan orang terluka, satu di antara mereka masih dirawat di rumah sakit. Lainnya dirawat karena luka dari pecahan kaca dan dipulangkan.

Para pejabat di Moskow telah lama memperingatkan Ukraina bahwa setiap serangan terhadap Krimea akan memicu pembalasan besar-besaran, termasuk serangan terhadap "pusat pengambilan keputusan" di Kiev.

Sementara itu, presiden Ukraina bersumpah untuk merebut kembali Krimea dari Rusia. “Perang Rusia melawan Ukraina dan melawan seluruh Eropa yang merdeka dimulai dengan Krimea dan harus diakhiri dengan Krimea, pembebasannya,” kata Presiden Volodymyr Zelenskyy Selasa dalam pidato video malamnya.

“Hari ini tidak mungkin untuk mengatakan kapan ini akan terjadi. Tapi kami terus menambahkan komponen yang diperlukan untuk formula pembebasan Krimea.”

Sebelumnya, hari Selasa, pejabat Ukraina melaporkan setidaknya tiga warga sipil Ukraina tewas dan 23 terluka oleh penembakan Rusia dalam 24 jam, termasuk serangan tidak jauh dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia.

Rusia menembakkan lebih dari 120 roket ke kota Nikopol, di seberang Sungai Dnieper dari pabrik, kata Gubernur Dnipropetrovsk Valentyn Reznichenko. Beberapa bangunan apartemen dan lokasi industri rusak, katanya.

Ukraina dalam beberapa pekan terakhir telah meningkatkan serangan balik di wilayah yang diduduki Rusia di Ukraina selatan ketika mencoba menahan pasukan Kremlin di wilayah industri Donbas di timur.

Juga Selasa, seorang pejabat AS mengatakan Iran telah setuju untuk memasok Rusia dengan drone (UAV) untuk digunakan dalam perang di Ukraina. Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas informasi sensitif, mengatakan “selama beberapa pekan terakhir, para pejabat Rusia melakukan pelatihan di Iran sebagai bagian dari perjanjian untuk transfer UAV dari Iran ke Rusia.”

Gedung Putih merilis gambar satelit pada pertengahan Juli yang menunjukkan bahwa Rusia telah mengunjungi pangkalan udara Iran untuk melihat drone berkemampuan senjata. Tapi pejabat AS mengatakan akhir bulan itu bahwa mereka belum melihat bukti Iran memasok Rusia dengan drone.

Pejabat Ukraina bulan ini mengatakan Iran telah mentransfer drone ke Rusia dan beberapa telah digunakan dalam pertempuran. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home