Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 07:12 WIB | Kamis, 19 September 2013

Liga Champions Eropa : Chelsea Ditaklukkan Basel

Oscar (kaus biru, Chelsea) gagal melepaskan umpan silang ke gawang Basel, karena bola tendangannya dihalau ke luar pertandingan oleh Streller (Basel, kaus putih) (foto:uefa.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Chelsea di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho menuai hasil buruk pada pertandingan perdana Grup E Liga Champions Eropa 2013-2014, bermain di kandang sendiri di Stadion Stamford Bridge, London pada Kamis (19/9) dini hari WIB, Chelsea takluk 1-2 atas tamunya dari Swiss, FC Basel.   

Gelandang Chelsea, Oscar membuat tuan rumah unggul di menit ke-45, sebelumnya didahului dengan pergerakan gelandang kiri Chelsea lainnya, Andre Schurrle dan bola sundulan Oscar tepat masuk ke gawang Basel. Willian dan Marco Van Ginkel mengisi lini belakang Chelsea, namun kedua pemain tidak terlalu sigap menjaga pergerakan Mohammed Salah yang juga menciptakan gol kemenangan Basel.

Pasukan Jose Mourinho memulai pertandingan dengan total penyerangan, meskipun tanpa menciptakan peluang yang berbuah gol. Penjaga gawang Basel, Yann Sommer diuji pada menit ke-15 dalam mementahkan bola tendangan bebas gelandang chelsea, Eden Hazard.

Eden Hazard juga gagal merubah kesempatan emas menjadi gol pada menit ke-35 setelah kerja sama dengan penyerang baru Chelsea, Samuel Etoo. Bola tendangan Hazard hasil kerja sama satu dua dengan Etoo hanya melambung dari gawang Basel.

Meski mendominasi penguasaan bola dan jumlah tendangan sudut, tuan rumah tetap frustrasi menembus barikade pertahanan Basel. Akhirnya menjelang babak pertama usai Chelsea memperoleh keunggulan 1-0, bermula pergerakan pemain belakang Chelsea, David Luiz dan memberikan umpan sodoran ke Frank Lampard, dan beruntung ada Oscar yang sudah siap siaga di kotak penalti Basel, dan dengan sekali tendangan voli, bola menembus jala Basel yang dikawal Yann Sommer.

Pada babak kedua, Chelsea gagal mempertahankan keunggulan, gol penyeimbang Basel lahir tatkala gelandang Basel Marco Streller dengan cerdik mengelabui Willian dan Hazard yang terkecoh, kegagalan Oscar mengawal pergerakan Streller merupakan bencana bagi Chelsea karena bola hasil umpan Streller diteruskan dengan tandukan Mohammed Salah pada menit ke-71 dan skor berubah menjadi 1-1.

Meskipun Chelsea total menyerang saat keadaan imbang 1-1 tersebut, Basel lebih kuat bertahan, dan hasilnya Basel pulang ke Swiss dengan hasil menggembirakan setelah Marco Streller kali ini membuat gol pada menit ke-81, dan dengan kemenangan 2-1 ini Basel berada pada peringkat kedua Grup E Liga Champions Eropa di bawah Schalke (Jerman) yang pada saat bersamaan menggulung tamunya Steaua Bucharest (Rumania) 3-0. (uefa.com/soccernews.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home