Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:02 WIB | Senin, 02 Desember 2013

Liga Spanyol: Atletico Bilbao Beri Kekalahan Pertama bagi Barcelona

Iker Muniain, gelandang Bilbao (kaus merah putih) berhasil mengecoh Martin Montoya, gelandang Barcelona (kaus merah kuning) (foto: uefa.com)

BILBAO, SATUHARAPAN.COM – Gol semata wayang gelandang sayap kiri Atletico Bilbao, Iker Muniain, pada menit ke-70 merupakan gol yang menyebabkan kekalahan pertama kali bagi Barcelona di Liga Spanyol, pada pertandingan yang berlangsung Senin (2/12) dini hari WIB di Stadion San Mames, Bilbao.

Tengah pekan lalu (28/11) Barcelona juga mengalami kekalahan 1-2 atas Ajax Amsterdam pada Liga Champions Eropa Grup H. Kekalahan itu memberi sinyal bagi pelatih Barcelona, Gerardo Martino, yang mengesampingkan pola permainan tiki-taka sejak awal musim ini. Pola permainan Barcelona yang diterapkan Gerardo Martino saat ini terlalu biasa, sehingga mudah dideteksi lawan. Hasilnya, Barcelona menderita kekalahan pada pertandingan ini, yang berarti merupakan kekalahan pertama kali di Liga Spanyol sejak Maret 2013.  

Kemenangan atas pemuncak Liga Spanyol bukanlah pekerjaan yang mudah bagi Atletico Bilbao. Penjaga gawang Bilbao Gorka Iraizoz harus bekerja keras pada menit ke-12 mengamankan gawangnya dari bola kencang hasil tendangan Andres Iniesta, dan semenit kemudian bola kembali harus diamankan Iraizoz dari tendangan kencang Alexis Sanchez.

Pada menit ke-18 Xavi Hernandez mengancam gawang Bilbao setelah melepaskan bola umpan matang ke kotak penalti Bilbao, akan tetapi tidak ada rekannya yang menyambut bola umpan matang tersebut, sehingga jatuh tepat ke pelukan Iraizoz.

Peluang bagi Bilbao terjadi pada menit ke-32. Sayap kanan Bilbao, Markel Susaeta dengan tepat memberi umpan ke sayap kiri, Iker Muniain. Bola hasil tendangan Muniain masih membentur Pique dan Mascherano, dan kembali jatuh ke kaki Muniain, percobaan tendangan yang kedua kali masih belum berhasil, karena bola tepat ditangkap penjaga gawang Barcelona, Jose Manuel Pinto.

Gol yang ditunggu para penonton yang memadati Stadion San Mames tiba pada menit ke-70. Susaeta dari sebelah kanan penyerangan Bilbao bekerja sama dengan rekannya, Ander Herrera, menyediakan bola silang ke kotak penalti. Di dalam kotak penalti telah ada Iker Muniain yang mencetak gol.

Dengan kemenangan tersebut, Bilbao berada pada posisi keempat terpaut 11 poin dari para pemuncak Liga Spanyol, Barcelona dan Atletico Madrid, dan 8 poin dari Real Madrid di peringkat ketiga. Bagi Barcelona, kekalahan tersebut menyebabkan perolehan nilai mereka kini sama dengan perolehan nilai Atletico Madrid yang kemarin unggul telak 2-0 atas Elche, hanya saja selisih gol Barcelona lebih baik.

Susunan Pemain:

Atletico Bilbao: Iraizoz,  Iraola, Balenziaga, A. Laporte, Gurpegi, Susaeta, Iturraspe, Mikel Rico, Ander Herrera, Muniain,  Toquero.

Barcelona: Pinto, Adriano Correia, Piqué, Martín Montoya, J. Mascherano, Fàbregas, Iniesta, Xavi, Busquets, A. Sánchez, Neymar.

Hasil Pertandingan Lainnya: Getafe 1-0 Levante, Villarreal 1-1 Malaga, Elche 0-2 Atletico Madrid, Celta de Vigo 3-1 Almería, Real Madrid 4-0 Real Valladolid, Espanyol 1-2 Real Sociedad, Real Betis 2–2 Rayo Vallecano, Granada 1-2 Sevilla, Valencia 3-0 Osasuna (soccerway.com/ uefa.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home