Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Rabu, 20 April 2022

Lima Negara Eropa Serukan Diakhirinya Bentrokan di Yerusalem

Pasukan keamanan Israel bergerak selama bentrokan dengan pemrotes Palestina di kompleks yang Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Tempat Suci dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount, di Kota Tua Yerusalem pada 15 April 2022. (Foto: dok. Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Lima negara Eropa pada hari Selasa (19/4) menyerukan diakhirinya bentrokan di Yerusalem menyusul kekerasan akhir pekan di sekitar tempat suci, dalam sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah sidang darurat Dewan Keamanan PBB.

“Kekerasan harus segera dihentikan. Korban sipil lebih lanjut harus dicegah sebagai prioritas,” kata pernyataan dari Irlandia, Prancis, Estonia, Norwegia dan Albania. “Status quo tempat-tempat suci harus dihormati sepenuhnya.”

Pertemuan itu terjadi setelah berhari-hari kekerasan di dalam dan sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount, di mana 170 orang terluka pada akhir pekan.

Lima negara Eropa mengutuk "semua tindakan terorisme" dan tembakan roket pada hari Senin dari Jalur Gaza ke Israel selatan.

Angkatan Udara Israel menanggapi pada hari Selasa dengan serangan di daerah kantong Palestina, yang pertama dalam tiga bulan.

"Situasi keamanan yang memburuk menyoroti kebutuhan untuk memulihkan cakrawala politik untuk proses perdamaian yang kredibel," kata pernyataan itu.

Utusan perdamaian Timur Tengah di PBB, Tor Wennesland, mengulangi dalam sebuah pernyataan seruannya untuk menghindari provokasi yang akan meningkatkan ketegangan Israel-Palestina.

Sidang darurat Dewan Keamanan diminta oleh UEA, Norwegia, Prancis, Irlandia, dan China. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home