Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:14 WIB | Minggu, 15 November 2015

Lindswell Dukung Wushu Ditandingkan di Olimpiade

Lindswell Dukung Wushu Ditandingkan di Olimpiade
Lindswell Kwok saat berlaga di nomor Taijiquan Putri di Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di Istora Senayan, Jakarta, hari Sabtu (14/11). (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Lindswell Dukung Wushu Ditandingkan di Olimpiade
Lindswell Kwok (tengah) saat menerima penghargaan bonus dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (kanan) setelah meraih keberhasilan di SEA Games 2015 di Singapura beberapa wkatu lalu.
Lindswell Dukung Wushu Ditandingkan di Olimpiade
Lindswell Kwok saat meladeni pertanyaan para pewarta beberapa saat setelah dia menerima pengalungan medali emas nomor Taijiquan Putri di Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di Istora Senayan, Jakarta, hari Sabtu (14/11).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Atlet wushu putri Indonesia Lindswell Kwok mendukung ide Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang mengharapkan wushu dipertandingkan di Olimpiade.

“Ya maunya (wushu, Red) masuk olimpiade karena merasa apa yang sudah kita persiapkan dari dulu merasa kepakai, dan kita nggak dikenal hanya juara sampai kawasan Asia aja tapi juga di ajang dunia,” kata Lindswell kepada para pewarta setelah dia menerima pengalungan medali emas nomor Taijiquan Putri di Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di Istora Senayan, Jakarta, hari Sabtu (14/11).

“Karena rasanya senang (berlaga di Olimpiade, Red), kalau kerja keras kita dari dulu itu nggak sia sia,” kata gadis asal Sumatera Utara itu.

Lindswell berharap  banyak atlet junior lain, karena menurut dia dengan banyaknya regenerasi cabang olahraga wushu di Indonesia secara merata dan berkesinambungan dia tambah bersemangat.

“Kalau mereka bisa menang sama artinya dengan kita, otomatis mereka akan dapat medali dan penghargaan yang sama dengan kita,” dia menambahkan.

Pada hari Jumat (13/11) malam saat membuka Kejuaraan Dunia Wushu ke-13 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengutarakan keinginannya agar cabang olahraga wushu dipertandingkan di olimpiade jangan hanya sebatas tingkat asia atau dunia, namun harus di ajang multi even olahraga empat tahunan itu.

"Wushu di Indonesia bisa diterima oleh semua kalangan dan kedepan Indonesia mendorong agar Wushu bisa dipertandingkan ke Olimpiade semoga dalam momentum ini Presiden Wushu bisa menjadi pertimbangan agar terealisasi," kata Menpora.

Kala itu Menpora mengapresiasi IWUF (International Wushu Federation) karena mempercayakan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu 2015, tidak hanya itu Menpora menyebut bukti kesuksesan itu sudah terasa sejak Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu khusus nomor Sanda pada 2014 yang digelar juga di Istora Senayan, Jakarta.

Sebelumnya dalam Kongres Wushu Dunia ke-13, Presiden IWUF Yu Zhaiqing pada hari Jumat (13/11) menjelaskan keinginannya bahwa IWUF selalu berkeinginan masuk ke Olimpiade, dan  dia menjelaskan bahwa IWUF selalu melobi IOC (Komite Olimpiade Internasional).   

Yu menjelaskan  pihaknya telah berusaha untuk menggolkan wushu sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade 2020 di Jepang namun masih gagal. 

Namun IWUF tidak putus asa. Pihaknya akan terus berupaya, dan lebih fokus lagi mempersiapkan segala sesuatunya untuk Olimpiade 2024.

Yu menjelaskan dia optimistis wushu akan dipertandingkan di Olimpiade, mengingat perkembangan wushu dunia terus membaik. Artinya, cabang olahraga yang berasal dari Tiongkok tersebut tidak hanya popular di kawasan Asia, tapi juga Amerika, Eropa dan Afrika.  

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home